Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Buka Kemah Pemuda, Menag: Kedepankan Sikap Damai

Kamis 07 Nov 2019 02:35 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Agama Fachrul Razi

Menteri Agama Fachrul Razi

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menag inagtakan agar tak memiliki sikap beragama yang mengedepankan ujaran kebencian

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi membuka kegiatan Kemah Pemuda Lintas Paham Keagamaan Islam. Dalam sambutannya, Menag mengajak semuanya untuk mengedepankan sikap damai. 

Baca Juga

Fachrul mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) bersama dengan ormas Islam, tokoh-tokoh agama serta lembaga-lembaga keagamaan senantiasa bersinergi. Untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan paham-paham keagamaan yang bertentangan dengan prinsip moderasi atau wasathiyah.

"Dengan adanya sinergi seperti ini, apalagi yang melibatkan para generasi muda, sebagai pelanjut estafet negeri ini diharapkan nuansa keberagamaan kita ke depan semakin membaik, semakin rukun dan arif, semakin santun dan toleran, serta mengedepankan kedamaian," kata Fachrul, Rabu (6/11).

Menag mengingatkan agar tidak memiliki sikap beragama yang mengedepankan ujaran kebencian, hoaks dan tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama. Dia juga mengatakan bahwa tumbuhnya fenomena radikalisme berbasis agama belakangan ini merupakan problem penting yang perlu secara khusus mendapatkan perhatian.

Menag berharap kegiatan Kemah Pemuda Lintas Paham Keagamaan ini dapat mengokohkan moderasi beragama. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan Bangsa Indonesia yang tidak hanya bertumpu pada kemajuan teknologi dan infrastruktur, tetapi juga dalam bidang keagamaan.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Muhammadiyah Amin mengatakan, kegiatan Kemah Pemuda Lintas Paham Keagamaan Islam ini merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam menyikapi munculnya berbagai aliran paham keagamaan di Indonesia. "Bersama para generasi muda dari berbagai unsur masyarakat dan ormas Islam yang hadir pada kegiatan ini untuk menyatukan langkah dan mengantisipasi timbulnya konflik," ujarnya.

Kegiatan Kemah Pemuda Lintas Paham Keagamaan Islam pertama kalinya diselenggarakan oleh Kemenag. Kegiatan ini diikuti 100 pemuda dari berbagai organisasi pemuda Islam seperti GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Matlaul Anwar, dan lain-lain. Kegiatan ini digelar pada 6 - 8 Oktober 2019 di Aryadhuta LIPPO Village Kota Tangerang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA