Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Septic Tank Cepat Penuh Jika Toilet Sering Dipakaikan Karbol

Kamis 07 Nov 2019 06:20 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah

Neni Sintawardani, peneliti LIPI

Neni Sintawardani, peneliti LIPI

Foto: Twitter
Karbol dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam septic tank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Neni Sintawardani, mengatakan, karbol atau cairan pembersih toilet dapat membuat septic tank cepat penuh. Sebab, karbol dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam septic tank. Padahal, mikroorganisme itu berfungsi untuk mengurai tinja menjadi air dan gas.

Baca Juga

"Sudah tahu punya septic tank, tapi setiap hari bersihin WC pakai pembersih, ya matilah mikrobanya. Kasih karbol itu ya mati semua, akhrirnya septic tank tidak berfungsi. Makanya jadi cepat juga septic tank itu penuh," ujar Neni ketika dihubungi Republika di Jakarta, Rabu (6/11).

Neni menyontohkan septic tank di rumah orang tuanya yang baru disedot setelah 25 tahun. Hal itu bisa terjadi, kata dia, lantaran tak menggunakan karbol untuk membersihkan toilet. Septic tank pun bekerja sebagaimana mestinya.

"Karena bekerja dengan baik, tinja jadi terurai menjadi air yang tak terlalu berpolusi. Airnya pun akhirnya meresap ke dalam tanah," ucapnya.

Neni menambahkan, setiap rumah tangga juga harus memperhatikan bahwa septic tank itu harus memiliki saluran buangan gas. Sebab, proses penguraian yang dilakukan mikroorganisme menghasilkan biogas yang didominasi gas metana. "Gas metana sendiri adalah gas yang mudah terbakar dan mudah meledak kalau terkena oksigen atau terkena api," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Neni, saat membangun rumah pastikan tersedia ruang untuk septic tank dan juga buatlah saluran pembuangan gasnya. "Apakah setiap rumah tangga tau di mana letak septic tank-nya? Di mana letak saluran pipa buangannya? Kebanyakan kan tidak tahu, hanya ditimbun saja tanpa membuat saluran gasnya, itu berpotensi membuat ledakan," jelas Neni.
---

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA