Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Pertamina Percepat Proses Pembangunan 6 Kilang

Rabu 06 Nov 2019 18:13 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolanda

Ilustrasi kilang Pertamina.

Ilustrasi kilang Pertamina.

Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Dengan pembangunan enam proyek kilang ini, kapasitas meningkat menjadi 2 juta barel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) melakukan percepatan pembangunan enam proyek kilang. Enam kilang tersebut terdiri dari empat pengembangan dan dua pembangunan kilang baru. 

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero), Ignatius Tallulembang menjelaskan langkah percepatan yang dilakukan pertamina antara lain adalah mengefisiensikan pembahasan dengan partner dan mengerjakan early work program. "Pertamina sangat komit dan bahkan akan mempercepat untuk mencapai target tadi. Kita akan percepat dengan melakukan akselerasi. Ada langkah fast track," ujar Ignatius Tallulembang di Kantor Pertamina, Rabu (6/11).

Dengan membangun enam proyek kilang ini nantinya kapasitas kilang bisa mencapai 2 juta barel per hari. Kapasitas kilang yang meningkat ini bisa memproduksi BBM sebanyak 200 juta liter per hari. 

Secara umum, pembangunan kilang membutuhkan waktu tujuh hingga delapan tahun. Namun, kata Tallulembang, semua proses saat ini bisa lebih cepat beroperasi. 

"Kalau secara keseluruhan kan 2027. Tapi ada yang cepat, seperti Balikpapan akan onstream pada 2024. Lalu ada Balongan yang akan selesai pada Oktober 2022 mendatang," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA