Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Aubameyang Resmi Gantikan Xhaka Sebagai Kapten Arsenal

Rabu 06 Nov 2019 16:49 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pierre Emerick Aubameyang

Pierre Emerick Aubameyang

Foto: EPA-EFE/Andy Rain
Keputusan Emery tak lepas dari memburuknya hubungan Xhaka dengan suporter Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Unai Emery, akhirnya mencopot Granit Xhaka dari tugasnya sebagai kapten the Gunners. Sebagai pengganti Xhaka, Emery menunjuk penyerang asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, yang bakal menjadi kapten Arsenal pada musim ini.

Keputusan Emery tidak terlepas dari memburuknya hubungan Xhaka dengan suporter the Gunners. Puncaknya, Xhaka sempat membalas ejekan dan cemoohan fan Arsenal kala the Gunners ditahan imbang Crystal Palace, 2-2, pada lanjutan Liga Primer Inggris, akhir bulan lalu.

Pada saat itu, gelandang timnas Swiss itu disoraki para pendukung the Gunners di Stadion Emirates. Xhaka pun membalas sorakan tersebut dengan gesture yang dinilai menantang, seperti mengangkat tangan dan mendekatkan tangan ke telinga. Selain itu, Xhaka juga tepergok mengatakan sumpah serapah.

Tidak berhenti sampai di situ, Xhaka juga melepas jersey Arsenal dan langsung berjalan ke ruang ganti. Atas insiden tersebut, Xhaka akhirnya sempat mengungkapkan permintaan maaf lewat akun media sosialnya kepada para suporter the Gunners. Kendati begitu, sorotan terhadap Xhaka terus berlanjut.

Salah satunya Xhaka dinilai tidak layak mengemban tugas sebagai kapten Arsenal. Langkah mencopot ban kapten dari lengan Xhaka pun akhirnya diambil Emery.

''Saya telah berbicara dan mengadakan pertemuan dengan dia, dan dia bukan lagi kapten dari tim ini. Dia juga menerima keputusan ini. Jadi permasalahan ini sudah selesai,'' kata Emery di laman resmi klub, Senin (6/11).

photo
Granit Xhaka

Tidak hanya itu, Emery juga belum menyertakan Xhaka di skuat the Gunners. Sebelumnya, pasca-insiden di Stadion Emirates tersebut, Xhaka dicoret dari skuat Arsenal kala menghadapi Liverpool di ajang Piala Liga Inggris dan lanjutan Liga Primer Inggris kala berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers, akhir pekan lalu.

Pun kala Arsenal melawat ke markas Vitoria Guimares di lanjutan Liga Europa, Rabu (6/11) malam WIB. Langkah ini, kata Emery, diambil guna memberikan waktu buat Xhaka. ''Saya pikir, kami perlu memberikan waktu buat dia agar lebih tenang. Pertama untuk melindunginya dan agar dia bisa tenang serta supaya dia kembali berkonsentrasi di sesi latihan,'' kata pelatih asal Spanyol.

Terkait pengganti Xhaka sebagai kapten Arsenal, Emery pun telah menunjuk Aubameyang. Mantan penyerang Borussia Dortmund itu akan menjadi pilihan utama untuk mengenakan ban kapten the Gunners di sisa musim ini.

Di laga kontra Wolves, akhir pekan lalu, Aubameyang memang sudah dipercaya sebagai kapten. ''Sekarang, kami memiliki Aubameyang, setelah itu ada Hector Bellerin, Alexandre Lacazette, dan Mesut Oezil. Mereka adalah empat kapten di tim ini, tapi yang utama tetap Aubameyang,'' ujar eks pelatih PSG tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA