Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

PGRI Harap Nadiem Tingkatkan Kualitas Guru

Selasa 05 Nov 2019 18:48 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Teguh Firmansyah

Sejumlah organisasi guru dan komunitas guru diundang Mendikbud Nadiem Makarim, Senin (4/11)

Sejumlah organisasi guru dan komunitas guru diundang Mendikbud Nadiem Makarim, Senin (4/11)

Foto: Dok IGI
Kunci sumber daya manusia yang berkualitas adalah guru.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua PB PGRI Supardi mengatakan, pihaknya bersama 29 perwakilan organisasi diundang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Dalam pertemuan tersebut PGRI juga ikut memberikan sejumlah usulan kepada menteri yang baru.

"Intinya Pak Menteri ingin mendapatkan masukan terkait tata kelola guru dan pendidikan ke depan. Masukan dari PGRI disampaikan secara lisan, dan sebagian lagi dalam usulan tertulis," kata Supardi pada Republika.co.id, Selasa (5/11).

Baca Juga

PGRI menegaskan, poin penting untuk memajukan pendidikan adalah guru. Menurut Supardi, kunci sumber daya manusia yang berkualitas terletak pada kualitas gurunya.

Sementara itu, untuk bisa mendapatkan guru berkualitas harus ada kebijakan revolusioner. Semua guru harus sama yakni sebagai guru tetap dan memiliki kesempatan yang sama untuk pengikuti pelatihan-pelatihan.

Supardi berpendapat, sebaiknya dibuat kebijakan yang membuat guru sebagai profesi menarik dan menjanjikan. "Tujuannya agar anak-anak bangsa berkualitas super berminat atau tertarik menjadi guru," kata Supardi.

Lebih lanjut, Supardi juga menyinggung masalah anggaran. Ia berharap di masa mendatang pemerintah memilili kebijakan agar semua urusan pendidikan yang selama ini ada di kementerian lain disatukan dengan Kemendikbud

"Agar 20 persen APBN/D pendidikan menjadi efektif, dan pendidikan ada dalam satu sistem," kata Supardi.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA