Rabu 06 Nov 2019 15:33 WIB

KNKT: 80 Persen Kecelakaan di Tol Akibat Pecah Ban

KNKT mengungkap, 80 persen kecelakaan di tol terjadi akibat pecah ban.

Kecelakaan maut menimpa mobil Suzuki APV di Tol Jagorawi di KM36+600 kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (15/9) pagi.
Foto: Dok Istimewa
Kecelakaan maut menimpa mobil Suzuki APV di Tol Jagorawi di KM36+600 kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (15/9) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan, 80 persen kecelakaan angkutan penumpang terjadi akibat pecah ban kendaraan. Temuan itu didapat dari kendaraan umum maupun pribadi.

"Di sini cukup mengagetkan, 80 persen kecelakaan diakibatkan ban pecah karena tekanannya kurang dan di jalan tol itu sangat fatal," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam diskusi yang bertajuk "Waspadai Kondisi Ban Saat Berkendara di Jalan Tol Tahun 2019," di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Soerjanto menjelaskan, ban yang kurang tekanan angin atau kempes menyebabkan tubrukan dengan velg dan menyebabkan kelelahan pada ban (fatigue).

“Begitu di jalan tol, kendaraan cukup kencang ban mengalami fatigue di bagian pojok, kemudian pecah karena mobil tidak bisa dikendalikan,” katanya.

Menurut Soerjanto, dibandingkan angkutan barang, angkutan penumpang lebih berisiko, terutama kendaraan pribadi. Itu karena angkutan barang masih bisa ditahan dengan beban yang dibawa.

“Berbeda kasusnya kalau truk overload ban pecah, ban pasangannya juga biasanya pecah karena beban yang ditopang. Selain itu, ban truk yang pecah memang tekanannya dipompa melebihi batas yang diizinkan karena membawa barang. Kalaupun pecah, tergelincir atau diam di tempat, berbeda dengan kendaraan penumpang karena fatalitasnya cukup tinggi,” katanya.

Selain itu, Soerjanto mengatakan, ban memang salah satu komponen kendaraan yang jarang dicek karena posisinya di bawah, cenderung kotor, namun vital. Dalam kesempatan sama, Kepala Sub Komisi Investogator Kecelakaan KNKT Ahmad Wildan menyebutkan data kecelakaan di Tol Cikampek pada Januari hingga Maret 2017, sebanyak 265 kasus merupakan pecah ban, sementara 72 kasus disebabkan lain-lain.

Selain itu, pecah ban juga merupakan satu dari tiga bahaya di jalan tol. Dua bahaya lainnya ialah rem blong dan lengah.

“Lebih berbahaya tekanan ban ini kurang karena dengan velg akan sering bumping terjadi peningkatan tekanan udara pada ban yang membuat temperatur naik dan mempercepat polimersisasi (mengubah struktur ban),” katanya.

Wildan mengatakan,  kurangnya tekanan angin juga membuat ban lebih lebar, membawa beban lebih berat, sehingga BBM lebih boros.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement