Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Djokovic dan Federer Satu Grup di ATP Finals 2019

Rabu 06 Nov 2019 13:52 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Novak Djokovic

Novak Djokovic

Bagi Djokovic, menjuarai ATP Finals 2019 jadi peluang merebut posisi ranking 1 dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Novak Djokovic dan Roger Federer tergabung dalam satu grup pada turnamen ATP Finals 2019. Perjumpaan Djokovic dan Federer banyak ditunggu-tunggu pencinta tenis dunia karena keduanya merupakan pemain dengan julukan The Big Three bersama Rafael Nadal.

Dilansir dari BBC, Selasa (5/11), dua pemain lainnya yang tergabung satu grup bersama Djokovic dan Federer adalah Dominic Thiem dan Matteo Berrettini. Sementara, Rafael Nadal tergabung dengan Daniil Medvedev, Stefanos Tsitsipas, dan Alexander Zverev.

ATP Finals 2019 akan digelar pada 10-17 November di O2 Arena London, Inggris. Pemain yang berhak mengikuti turnamen ini adalah petenis nomor satu hingga delapan teratas di dunia. Sistem turnamen dibagi ke dalam dua grup di mana masing-masing grup diisi oleh empat pemain.

Juara grup dan runner-up dari setiap grup akan melaju ke semifinal untuk memperebutkan partai final. ATP Finals adalah turnamen yang ditunggu-tunggu oleh penggemar tenis dan impian banyak petenis. Pasalnya, turnamen ini dipandang memiliki gengsi seperti grand slam.

Bagi Djokovic, menjuarai ATP Finals 2019 merupakan kesempatan merebut statusnya sebagai ranking satu dunia dari Nadal. Syaratnya, Nadal tidak lolos ke semifinal. Nadal, petenis asal Spanyol, merebut ranking 1 dunia dari Djokovic pada saat Paris Masters 2019 pekan lalu.

Baca Juga

photo
Roger Federer.


Djokovic tinggal berharap performa Nadal menurun karena sang seteru masih dalam kondisi cedera perut sebelum turun pada semifinal Paris Masters. Nadal terpaksa mengundurkan diri dari turnamen tersebut. Oleh karena itu, turnamen ini menjadi penentu bagi Nadal dan Djokovic untuk menjadi yang terbaik di akhir musim.

Djokovic salah satu pemain tersukses di turnamen ini dengan meraih lima gelar. Gelar pertamanya ia peroleh pada 2008 dan empat lainnya pada 2012, 2013, 2014, dan 2015. Berada satu grup dengan Roger Federer sebagai pemegang tujuh gelar ATP Finals menjadi tantangan Djokovic. Sedangkan Nadal sama sekali belum pernah meraih gelar ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA