Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Hasil Liga Champions: Liverpool, Ajax, Leipzig ke Puncak

Rabu 06 Nov 2019 08:27 WIB

Red: Israr Itah

Liga Champions

Liga Champions

Liverpool menggusur Napoli dari puncak Grup E.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool, Ajax, dan RB Leipzig merebut posisi puncak klasemen grup masing-masing selepas rangkaian laga pekan keempat penyisihan Grup E-H Liga Champions yang berlangsung Rabu (6/11) dini hari WIB. Barcelona jadi satu-satunya tim yang berhasil mempertahankan posisi puncak di grupnya, kendati gagal meraih tiga poin penuh saat menjamu Slavia Praha.

Baca Juga

Sementara Liverpool menggusur Napoli dari puncak Grup E, Leipzig mengambil alih pucuk Grup G dari tangan Zenit St. Petersburg dan Ajax di Grup H diuntungkan hasil pertandingan lain.

Berikut ringkasan singkat pertandingan ketiga penyisihan Grup E-H Liga Champions:

Grup E

Liverpool mengistirahatkan banyak pemain kunci ketika menjamu wakil Belgia KRC Genk di Anfield, namun Alex Oxlade-Chamberlain melanjutkan tren performa positifnya. Ox mencetak gol ketiganya di Liga Champions musim ini sekaligus ke gawang Genk demi membawa Liverpool menang 2-1.

Sementara itu pada pertandingan lain, talenta muda Erling Haaland kembali menahbiskan statusnya sebagai top skorer sementara Liga Champions musim ini dengan menyarangkan bola dari titik putih ke gawang Napoli di San Paolo.

Sayangnya, Red Bull Salzburg gagal meraih tiga poin penuh akibat gol Hirving Lozano untuk tuan rumah dan skor akhir menjadi 1-1.

Hasil kedua pertandingan tersebut membuat Liverpool menanjak ke puncak klasemen dengan raihan sembilan poin, menggusur Napoli (8) ke urutan kedua. Salzburg (4) yang menempati posisi ketiga masih terbuka peluangnya untuk lolos, sedangkan Genk (1) dipastikan tersingkir karena tidak mungkin mengejar jarak tujuh poin dalam dua pertandingan tersisa.

Hasil Grup E:

Napoli 1 - Red Bull Salzburg 1 (Hirving Lozano 43'; Erling Haaland p-11')

Liverpool 2 - Genk 1 (Georginio Wijnaldum 14', Alex Oxlade-Chamberlain 53'; Mbwana Samatta 40')

Grup F

Barcelona lebih dulu menjamu Slavia Praha di Camp Nou, namun Blaugrana gagal mengonversi dominasi penguasaan bola mereka untuk menjebol pertahanan tamunya. Lionel Messi dkk hingga harus puas dengan skor imbang tanpa gol kala laga usai.

Pada pertandingan lainnya, Borussia Dortmund menggelar orkestra kebangkitan luar biasa saat mereka membalikkan ketertinggalan dua gol menjadi kemenangan 3-2 atas tamunya Inter Milan di Signal Iduna Park.

Lautaro Martinez dan Matias Vecino membawa Inter unggul 2-0 hingga babak pertama usai, namun Achraf Hakimi mengemas dwigol diselingi gol lain milik Julian Brandt demi mengantarkan kemenangan Dortmund.

Hasil itu tak mengubah konstelasi klasemen Grup F. Barcelona di puncak dengan delapan poin, diikuti Dortmund (7), Inter (4) dan Slavia (2).

Hasil Grup F:

Barcelona 0 - Slavia Praha 0

Borussia Dortmund 3 - Inter Milan 2 (Achraf Hakimi 51', 77', Julian Brandt 64'; Lautaro Martinez 5', Matias Vecino 40')

Grup G

Leipzig yang memainkan pertandingan keempat lebih awal memetik kemenangan 2-0 dalam lawatan ke markas Zenit di Rusia berkat gol-gol Diego Demme dan Marcel Sabitzer.

Sementara itu, dalam laga yang lebih larut Olympique Lyon menang atas tamunya Benfica dengan skor 3-1 lewat penampilan disiplin dan klinis.

Joachim Andersen, Memphis Depay dan Bertrand Traore mengantarkan kemenangan Lyon demi melanjutkan tren positif tenor kepelatihan Rudi Garcia.

Akibat hasil kedua laga tersebut, Zenit bukan hanya tergusur dari puncak klasemen tetapi melorot hingga urutan ketiga dengan koleksi empat poin yang tak bertambah. Leipzig (9) mengambil alih posisi puncak diikuti Lyon (7) di urutan kedua, sedangkan Benfica (4) harapannya kian tipis untuk lolos.

Hasil Grup G:

Zenit St. Petersburg 0 - RB Leipzig 2 (Diego Demme 50', Marcel Sabitzer 63')

Olympique Lyon 3 - Benfica 1 (Joachim Andersen 4', Memphis Depay 33', Bertrand Traore 89'; Haris Seferovic 76')

Grup H

Drama jadi tema utama dua pertandingan Grup H. Di Stamford Bridge, tuan rumah Chelsea sempat tertinggal 1-4 dari tamunya Ajax hingga memasuki 30 menit terakhir pertandingan.

Namun, kartu merah yang diterima Daley Blind dan Joel Veltman menyusul gol Cesar Azpilicueta membuat pendulum momentum berayun ke arah Chelsea. Sayangnya keuntungan jumlah dua pemain hanya bisa dimanfaatkan menjadi hasil imbang 4-4, setelah gol kedua Azpilicueta dianulir VAR.

Sementara di Mestalla tim tamu Lille sempat unggul atas Valencia melalui gol Victor Omsihen dan bertahan hingga turun minum. Namun, tak kurang dari empat gol dicetak Valencia dalam 25 menit terakhir pertandingan demi meraup kemenangan 4-1.

Ajax, Chelsea dan Valencia sama-sama mengoleksi tujuh poin. Ajax berada di puncak berkat raihan empat poin dan surplus dua gol dalam pertemuan antara ketiga tim, diikuti Chelsea di posisi kedua dan Valencia ketiga.

Hasil Grup H:

Chelsea 4 - Ajax 4 (Jorginho p-4', p-71', Cesar Azpilicueta 63', Reece James 74'; Tammy Abraham bd-2', Quincy Promes 20', Kepa Arrizabalaga bd-35', Donny van de Beek 55')

Valencia 4 - Lille 1 (Dani Parejo p-65', Soumaoro bd-82', Geoffrey Kondogbia 84', Ferran Torres 90'; Victor Omsihen 25')

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA