Selasa 05 Nov 2019 18:17 WIB

PGRI: Tingkatkan Kualitas Guru

PGRI menyebut poin penting memajukan pendidikan ada pada kualitas guru.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Guru mengajar (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Guru mengajar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PB PGRI Supardi mengatakan, pihaknya bersama 29 perwakilan organisasi diundang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Senin. Supardi menjelaskan, dalam pertemuan tersebut PGRI ikut menyumbangkan usulan kepada menteri.

"Intinya Pak Menteri ingin mendapatkan masukan terkait tata kelola guru dan pendidikan ke depan. Masukan dari PGRI disampaikan secara lisan, dan sebagian lagi dalam usulan tertulis," kata Supardi pada Republika, Selasa (5/11).

PGRI menegaskan, poin penting untuk memajukan pendidikan adalah guru. Menurut Supardi, kunci sumber daya manusia yang baik terletak pada kualitas gurunya.

Sementara itu, untuk bisa mendapatkan guru berkualitas harus ada kebijakan revolusioner. Semua guru harus sama, yakni sebagai guru tetap, dan memiliki kesempatan yang sama mengikuti pelatihan-pelatihan.

Supardi berpendapat, sebaiknya dibuat kebijakan yang membuat guru sebagai profesi yang menarik dan menjanjikan. "Tujuannya agar anak-anak bangsa berkualitas super berminat atau tertarik menjadi guru," kata Supardi.

Lebih lanjut, Supardi juga menyinggung masalah anggaran. Ia berharap di masa mendatang pemerintah memiliki kebijakan agar semua urusan pendidikan yang selama ini ada di kementerian lain disatukan dengan Kemendikbud.

"Agar 20 persen APBN/D pendidikan menjadi efektif, dan pendidikan ada dalam satu sistem," kata Supardi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement