Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Nick Jonas Sebar Kesadaran tentang Diabetes Anak

Rabu 06 Nov 2019 00:31 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Nick Jonas.

Nick Jonas.

Foto: EPA
Nick Jonas didiagnosa dengan diabetes di usia 13 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, bulan November dijadikan sebagai Bulan Kesadaran Diabetes. Bulan itu dirayakan secara global untuk meningkatkan kesadaran tentang diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Bulan Kesadaran Diabetes 2019 juga bertujuan untuk fokus pada hubungan antara diabetes dan penyakit kardiovaskular. Diabetes mempengaruhi kehidupan seseorang, terutama ketika didiagnosis pada usia yang sangat muda. Seperti Nick Jonas yang didiagnosa menderita diabetes di usia 13 tahun.

Nick menegaskan diagnosis telah membantunya membentuk gaya hidup untuk mengatasi penyakit tersebut. Seperti olahraga, kebiasaan makan, fokus pada gula darah dan kebutuhan insulin.

Nick mengalami penurunan berat badan yang drastis, dari 45 kilogram menjadi 20 kilogram pada usia 13. Untuk menjaga kondisinya tetap terkendali, ia menggunakan insulin.

Diet seimbang yang dilahapnya terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan susu. Dia juga melakukan olahraga rutin untuk menjaga tubuhnya tetap bergerak.

Kabar tentang diagnosa diabetes Nick memberi lebih banyak perhatian pada penyebaran kesadaran tentang masalah diabetes anak. Diagnosis lebih awal yang ia terima membuatnya lebih sadar dan mengerti apa yang harus ia lakukan untuk meminimalisir penyakit tersebut. Diabetes tipe 1 adalah tipe yang paling umum pada anak-anak.

Salah satu penyakit kronis anak yang paling umum, diabetes tipe 1 pada anak-anak bermanifestasi antara usia 4-6 tahun atau antara 10-14 tahun. Hal ini menyebabkan anak-anak menjadi semakin haus dan sering buang air kecil, kelaparan yang ekstrem, kelelahan, penurunan berat badan dan sebagainya.

Kondisi ini memerlukan perhatian medis segera karena dapat menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan mata, kerusakan ginjal dan penyakit jantung dan darah. Juga dikenal sebagai diabetes anak-anak atau diabetes yang tergantung pada insulin, kondisi ini bisa sangat berat bagi keluarga dan juga anak.

Tetapi dengan berbagai intervensi dan metode medis, tidak harus sepenuhnya berlebihan. Dengan beberapa cara untuk mengendalikan kondisi tersebut, diabetes pada anak-anak dapat dikelola.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA