Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Masjid Agung Sultab Qaboos, Favorit Wisatawan di Oman

Selasa 05 Nov 2019 18:30 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko

Masjid Agung Sultan Qaboos

Masjid Agung Sultan Qaboos

Foto: Wikipedia
Masjid Agung Sultan Qaboos berlokasi di Muscat, ibukota Oman.

REPUBLIKA.CO.ID,MUSCAT -- Oman merupakan sebuah negara di Semenanjung Arab yang bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Sebab di sana ada sejumlah tempat wisata yang dikenal karena keindahan dan arsitekturnya yang khas dan menarik.

Baca Juga

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Masjid Agung Sultan Qaboos di Sohar. Dalam perjalanan dari Muscat ke Sohar, sebaiknya mata tetap awas ke jalan agar tidak sampai melewatkan pemandangan dari arsitektur yang menakjubkan dari Masjid Agung ini. 

Masjid Agung Sultab Qaboos di Sohar diresmikan pada Oktober 2016 oleh Sayyid Mohammed bin Sultan bin Hamood Al Busaidi, yang merupakan Menteri Negara sekaligus Gubernur Dhofar. Kubah biru masjid dan struktur marmer putih pudar menjadikannya pemandangan yang benar-benar indah untuk dilihat. 

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 181.000 meter persegi dan memiliki luas 28.778 meter persegi. Masjid ini memiliki beberapa alokasi area, di antaranya tempat parkir, halaman masjid, dan fasilitas lainnya. 

Sementara itu, ruang ibadah utama masjid ini bisa menampung sebanyak 4.600 jamaah. Selain itu, juga dilengkapi area untuk ibadah shalat wanita yang bisa mengakomodasi 740 orang. 

Masjid Agung Sultan Qaboos terletak di seberang Bait Bahjat Al Andhar di Wilayat Sohar. Masjid ini merupakan ikon baru yang ditambahkan ke dalam ikon bersejarah di Kegubernuran Al Batinah. 

Dengan dibangunnya masjid agung di Sohar ini, total tempat ibadah yang dinamai dengan nama Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said di semua kegubernuran Oman menjadi 32 masjid. Pada saat peresmian masjid ini, Menteri Negara dan Gubernur Dhofar, Sayyid Mohammed bin Sultan bin Hamood Al Busaidi, melaksanakan shalat Jumat yang dipimpin oleh seorang imam dan khatib masjid, Mohammed bin Salim Al Maqbali.

Selain di Sohar, Masjid Agung Sultan Qaboos lebih dulu telah dibangun di Bawshar di wilayat Muscat. Di Muscat, masjid agung tersebut dibuka pada 2001. Dibandingkan dengan masjid agung di Sohar, Masjid Agung Sultan Qaboos di Muscat lebih luas. Masjid di Muscat itu dibangun di atas lahan seluas 416.000 meter persegi dan memiliki area bangunan masjid sekitar 40.000 meter persegi. 

Selanjutnya, adapula Masjid Sultan Qaboos di Ruwi, yang merupakan salah satu masjid pertama yang dibangun dalam rangka menghormati Sultan Qaboos. Masjid di Ruwi itu dibangun pada 1978 berdasarkan arah Kerajaan Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said. Pembangunan masjid di Ruwi itu kemudian diikuti oleh pembangunan Masjid Fort di Wilayat Nizwa di Kegubernuran Al Dakhiliya, yang dibuka pada 1980.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA