Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Menkominfo Telusuri Gambar Pria Bugil di Google Street Aceh

Selasa 05 Nov 2019 14:38 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nur Aini

Menkominfo Johnny G Plate usai rapat bersama Komisi I DPR RI, Selasa (5/11).

Menkominfo Johnny G Plate usai rapat bersama Komisi I DPR RI, Selasa (5/11).

Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Gambar pria bugil di Google Street View bertuliskan protes aturan syariah di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan akan menindaklanjuti adanya laporan terkait gambar pria tanpa busana yang muncul di Google Maps Street View dengan kata kunci Banda Aceh. Kemenkominfo akan menganalisis temuan itu.

"Kita akan melihat itu ada dua tindakan yang satu tentu terkait ekspresi pendapat, substansi apa. Di sisi lain terkait SARA, ada lembaga lain, mengambil langkah," kata Johnny di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Selasa (5/11).

Ia berjanji, Kominfo akan terlebih dahulu memeriksa konten yang dimaksud. Johnny menjamin akan melakukan menurunkan konten tersebut.

Baca Juga

"Saya akan cek itu, saya akan periksa itu bagaimana seharusnya sisi Kominfo sendiri. Tentu yang kita lihat adalah konten apa yang akan disampaikan. Kalau ada yang tidak layak ya kita take down. Mohon maaf hal hal yang seperti itu yang melanggar hukum di Indonesia tidak boleh ditolerir," ucap Johnny.

Bila gambar tersebut berdasarkan penyelidikan dikategorikan sebagai pelanggaran hukum, maka menurut Johnny, pihak kepolisian pun akan turut mengambil tindakan, dengan koordinasi bersama Kemenkominfo. "Kalau itu tindakan melanggar hukum tentu kita akan mengambil langkah," ujarnya.

Johnny menilai, kejadian tersebut mencakup adanya dua aspek. Aspek pertama yakni terkait kebebasan mengekspresikan pendapat yang ditunjukkan pria telanjang. Pria tersebut berupaya memprotes hukum syariah yang berlaku di Aceh dengan simbol menelanjangi diri dengan menuliskan protest sharia law di telapak tangan.

Tapi di sisi lain, kata Johnny, cara ekspresi pendapat juga harus dengan memperhatikan adat istiadat dan aturan di Indonesia. "Di wilayah tertentu boleh saja tanpa busana ke mana-mana, tapi di Indonesia tidak boleh kecuali di kamar tidur atau kamar mandi sendiri. Tapi kalau di ruang publik itu kan tidak boleh," ujar Politikus Nasdem itu.

Pada Senin (4/11), foto Google Street View yang dapat diputar 360 derajat menampilkan pria yang diduga warga negara asing telanjang dengan tongkat swafoto. Pria bertopi tanpa baju itu ditemukan dengan kata kunci Jalan TM Pahlawan, Banda Aceh. 

Tangan kiri pria tersebut memegang kalimat protes "protest sharia law". Kemunculan foto itu membuat heboh warganet. Sejumlah masyarakat Tanah Rencong kemudian ramai-ramai melaporkan foto tersebut kepada pihak Google.

Berdasarkan penulusuran Republika.co.id, gambar foto pria telanjang itu sudah tidak ada di Google Maps Banda Aceh. Google Maps menghilangkan fitur 'street view' khusus di Banda Aceh. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB