Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Waduh, Bezos Bakal Bayar Pajak Rp126 Triliun per Tahun

Selasa 05 Nov 2019 12:03 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Waduh, Bezos Bakal Bayar Pajak Rp126 Triliun Per Tahun. (FOTO: Reuters/Lindsey Wasson)

Waduh, Bezos Bakal Bayar Pajak Rp126 Triliun Per Tahun. (FOTO: Reuters/Lindsey Wasson)

Jika lawan Trump yang menang maka Jeff Bezos harus bayar pajak mahal.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- wartaekonomi.co.id/tag4304/amazon.html">CEO Amazon Jeff Bezos tengah menanti kepastian Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih tahun depan. Pasalnya, jika nominasi calon presiden dari Partai Demokrat Senator Elizabeth Warren terpilih, Bezos harus siap-siap menanggung besaran pajak kekayaan yang fantastis.

Jika menghitung dari kekayaan tahun ini saja, Bezos diperkirakan akan membayar lebih dari US$6,5 miliar atau setara Rp91 triliun jika kebijakan Warren telah diterapkan.

Baca Juga: Waduh, Ternyata Para Miliarder AS Bayar Pajak Lebih Sedikit daripada Rakyat Biasa

Belum lagi, Bezos juga harus membayar sistem pajak baru lainnya yang direncanakan Warren bagi orang kaya, yang termasuk memajaki capital gain dengan tarif pajak marjinal yang sama dengan pendapatan biasa, yakni membayar pajak sebesar 37% pada saham. Persenan itu naik dari sebelumnya hanya 23,8%.

Selain Bezos, Bill Gates juga akan membayar pajak kekayaan lebih dari US$6 miliar. Lalu, ditambah US$6 miliar lagi pada apresiasi sahamnya.

Baca Juga: Ingin Menandingi Harta Jeff Bezos, Karyawan Amazon Harus Kerja Miliaran Tahun

Bukan kali ini saja orang-orang terkayat AS masuk dalam sorotan para politisi AS menjelang pemilu 2020. Sebelumnya, nominasi calon presiden dari Partai Demokrat, yakni Bernie Sanders dan Elizabeth Warren juga berjanji akan menarik pajak besar dari para miliarder papan atas AS.

Bila rencana itu diterapkan, maka Bezos akan membayar pajak sebesar US$9 miliar atau Rp126 triliun per tahun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA