Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Walau Gagal Juara F1, Bottas Puas Kinerja di GP AS

Senin 04 Nov 2019 16:34 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Valtteri Bottas

Valtteri Bottas

Foto: EPA-EFE/LARRY W. SMITH
Tambahan 18 angka sudah cukup bagi Hamilton mengamankan gelar juara dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walaupun gagal menjadi juara dunia Formula Satu (F1) 2019, pembalap dari tim Mercedes Valtteri Bottas mengaku senang dengan penampilannya yang mampu memenangkan perlombaan di Grand Prix Amerika Serikat. Bottas dipastikan gagal mencegah rekan satu timnya Lewis Hamilton memastikan gelar tersebut setelah finis di posisi kedua pada GP AS.

Baca Juga

Tambahan 18 angka sudah cukup bagi Hamilton mengamankan gelar juara dunia untuk keenam kalinya. Total pembalap Inggris ini mengoleksi 381 angka. Dengan lomba menyisakan dua seri lagi, Bottas yang berada di posisi kedua tidak mungkin mengejar nilai Hamilton. Bottas saat ini terpaut 65 angka dari Hamilton. Maksimal angka yang diraih Bottas hanya 50. 

Dalam GP AS yang berlangsung Senin (4/11) dini hari WIB di Sirkuit Austin, pembalap asal Finlandia ini mengubah posisi pole kelima musim ini menjadi kemenangan keempatnya dalam strategi dua stop. Ia berhasil melewati Hamilton pada tahap akhir lomba Austin.

Kemenangan Bottas tidak cukup untuk mencegah Hamilton merebut gelar keenamnya. Pembalap Inggris itu hanya butuh minimal empat poin, tapi mendapatkan 18 di Austin.

“Ini akhir pekan yang baik dan pasti saya berharap untuk kembali lagi tahun depan. Perlombaan yang sangat kuat dari kami sebagai tim, langkahnya bagus, dan satu atau dua perhentian tidak membuat banyak perbedaan,” kata Bottas dilansir dari laman Crash, Senin (4/11).

Terlepas dari kegagalannya, ia juga turun gembira dengan penampilan Hamilton. Menurut Bottas, kegagalan juara memang tidak dapat dihindari dengan kesenjangan poin dari Hamilton yang cukup besar. 

"Jelas sangat mengesankan apa yang telah dicapai Lewis, dan juga kami sebagai tim. Saya pikir dia pantas mendapatkan gelar tahun ini. Secara keseluruhan dia lebih baik," kata Bottas.  

Menurut Bottas, Hamilton tidak punya kelemahan nyata di salah satu trek balapan musim ini.  Hamilton selalu dapat menemukan kinerja terbaik mobil dalam kondisi apa pun. Hamilton juga minim melakukan kesalahan dibandingkan Bottas sehingga membuat perbedaan..

Bottas mengaku akan fokus untuk lebih baik lagi tahun depan. Sebelum itu, ia berupaya menuntaskan dua balapan tersisa dengan finis tercepat di GP Brasil dan GP Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Saya sudah mendapatkan momentum yang bagus, jadi saya menantikan tahun depan," ujar Bottas. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA