Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

5 Kesalahan Saat Mencuci Muka

Senin 04 Nov 2019 10:41 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Ada beberapa kesalahan saat membersihkan wajah. (ilustrasi)

Ada beberapa kesalahan saat membersihkan wajah. (ilustrasi)

Foto: pixabay
Terlalu sering mencuci muka akan membuat lapisan kulit rusak dan memicu iritasi.

CEKNRICEK.COM -- Mencuci muka menjadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari agar wajah tetap lebih bersih dan sehat. Namun tak sedikit yang merasakan kulit wajahnya bermasalah, padahal sudah memakai produk pembersih yang dirasa berkualitas. 

Mungkin saja saat mencuci muka, ada beberapa kesalahan sehingga membuat kesehatan kulit jadi terganggu. Berikut lima hal yang sering terabaikan saat mencuci muka. 

Tidak membersihkan make up
Sebelum mencuci muka dengan air, ada baiknya Anda bersihkan make up terlebih dahulu. Bila tidak dibersihkan produk pembersih wajah, cuci muka tidak akan memberikan efek yang maksimal. 

Inilah yang menjadi alasan double cleansing sangat penting untuk dilakukan. Agar sabun cuci muka bisa membersihkan wajah hingga ke pori-pori, langkah pertama dengan make up removal terlebih dahulu. 

Tangan tidak bersih
Bila Anda ingin mencuci muka, biasakan tangan dalam bersih. Karena bila kotor, kuman dan bakteri yang menempel di tangan itu akan berpindah ke wajah. Bakteri dan kuman tersebut dapat mengakibatkan permasalahan kulit yang serius, seperti jerawat.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini Bila Tak Ingin Berjerawat

Produk yang salah
Sebelum membeli produk pembersih wajah, sebaiknya cari tahu dulu seperti apa tipe kulit Anda, kemudian pilih produk yang dirasa cocok. Bila muka jadi jerawatan atau iritasi, segera hentikan pemakaian produk tersebut dan ganti dengan produk yang lebih tepat.

Temperatur air yang tidak pas
Selain produk, air juga menjadi salah satu faktor. Suhu air yang terlalu panas atau dingin, bisa membuat kulit Anda terasa menjadi kering bahkan iritasi. Sebaiknya, selalu gunakan air yang hangat ketika ingin membersihkan muka. 

Terlalu sering cuci muka
Terlalu sering mencuci muka akan membuat lapisan kulit menjadi rusak dan dapat memicu iritasi. Cuci muka hanya bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam sehari.

Saat melakukan aktivitas di siang hari yang memicu keringat berlebih, Anda bisa mencuci muka. 

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA