Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Persipura Amankan Tiga Poin dari Kandang Madura United

Ahad 03 Nov 2019 20:47 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Liga 1

Liga 1

Foto: Dok PSSI
Persipura naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan nilai 43 dari 24 laga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura Jayapura terus menunjukkan tren positif di bawah polesan pelatih Jacksen F Tiago. Teranyar, Mutiara Hitam mengamankan tiga angka saat bertandang ke markas Madura United pada laga pekan ke-26 Liga 1 2019. Persipura menaklukkan Madura United 2-0 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Madura, Ahad (3/11). 

Baca Juga

Hasil ini membawa Persipura naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan nilai 43 dari 24 laga yang telah dilakoni. Persipura hanya terpaut satu angka dari Madura United yang mengisi posisi kedua, tapi sudah melakoni 26 pertandingan.

Jalannya laga

Madura United melancarkan serangan pertama pada pertandingan ini. Namun, setelah gagal menembus pertahanan Persipura pada percobaan pertama, Lskar Sape Kerrab gagal mengantisipasi serangan balik dari tim asuhan Jackson Tiago. Persipura unggul lebih awal melalui gol yang diciptakan oleh Muhammad Tahir setelah menyelesaikan umpan dari tendangan pojok. Tendangan keras yang mengarah ke sisi kanan gawang itu tak dapat diantisipasi oleh Muhammad Ridho.

Madura hampir mendapatkan gol penyama kedudukan saat Greg Nwokolo mengambil alih tendangan bola mati dari sebelah kanan lini serangan. Namun, tendangan melengkung yang mengarah ke sudut kiri atas gawang itu masih meleset tipis dari sasaran. Madura pun kembeli mencoba beberapa kombinasi serangan lainnya untuk menyamakan kedudukan. Hingga menit ke-15 Madura masih mengalami kebuntuan untuk menembus lini pertahanan Persipura Jayapura.

Kedua tim bermain dengan ketat dan secara bergantian saling jual-beli serangan, namun belum ada upaya yang berhasil membuahkan gol bagi kedua tim hingga menit ke-20. Pada menit ke-23 Maduea berhasil membangun serangan hingga ke lini pertahanan Persipura Jayapura. Namun, upaya tersebut masih bisa digagalkan. Madura United lagi-lagi gagal mencuri poin dari peluang emas yang didapatkan di depan gawang Dede di menit ke-30. Gerakan Greg yang berada di posisi yang tepat berhasil dibaca oleh Dede.

Persipura kembali mendapat peluang untuk mencetak gol saat Conteh berhasil mencuri bola dari pemain belakang Madura United. Namun, Boaz yang mendapat peluang terlalu terburu-buru untuk melesatkan bola ke gawang. Tendangan spekulasi Boaz Solossa pun melenceng jauh dari sasaran. Di menit-menit akhir, giliran Madura yang membuat tribun penonton bergemuruh saat David Laly berhasil mencuri bola dari pemain belakang Persipura, namun tandukan Greg yang saat menyambut umpan dari David hanya membentur mistar gawang. Tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim hingga turun minum, skor bertahan 1-0 untuk Persipura.

Madura United bermain lebih agresif pada babak kedua. Laskar Sape Kerrab langsung mengobrak-abrik jantung pertahanan Persipura Jayapura. Beberapa peluang emas berhasil diciptakan. Pada menit ke-51 kemelut sempat terjadi di depan gawang Dede Sulaiman, namun lagi-lagi upaya skuat asuhan Rasiman masih dapat digagalkan oleh barisan pertahanan Persipura. Hampir selama sepuluh menit babak kedua berlangsung, gelombang serangan terus diberikan Madura United.

Pada menit ke-57 Dede kembali mematahkan peluang yang diciptakan Madura United melalui tendangan bebas Aleksander Rakic. Sementara itu, peluang pertama baru didapatkan Persipura pada menit ke-59. Namun, Boaz menyia-nyiakan peluang untuk memperlebar keunggulan saat menerima umpan di depan gawang Ridho. Boaz yang tak siap hanya membelokan arah bola tepat ke pelukan Ridho.

Madura United semakin tertinggal saat Titus Bonai menunjukkan skil individu di depan gawang tim tuan rumah sebelum mengakhirinya dengan sontekan terukur ke gawang yang dijaga Ridho. Gol kedua ini tercipta pada menit ke-74 untuk membuat Persipura di atas angin.

Meski medapat serangan bertubi-tubi dari Madura United, lini pertahanan Persipura selalu berhasil menggagalkan upaya yang dilakukan oleh Andik Vermansyah dkk. Dede pun tercatat beberapa kali melakukan penyelematan penting untuk menghentikan bola yang mengarah ke gawangnya untuk menjaga skor tak berubah hingga laga berakhir.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA