Ahad 03 Nov 2019 13:01 WIB

'Mobil Garage Beats' Ciptakan Musik Ala Garasi Mobil

Musik dimainkan dengan menggunakan peralatan yang ada di garasi atau bengkel mobil.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Musik yang dimainkan di garasi mobil (Ilustrasi)
Foto: Flickr
Musik yang dimainkan di garasi mobil (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia musik merupakan salah satu hal yang identik dengan dunia otomotif. Terlebih, bagi masyarakat yang mendalami dunia otomotif sebagai sebuah gaya hidup. Atas dasar hal inilah, Mobil Lubricants Indonesia meluncuran sebuah program bernama 'Mobil Garage Beats'.

Presiden Direktur PT Federal Karyatama, Patrick Adhiatmadja mengatakan, Mobil Garage Beats merupakan sebuah program yang menyajikan kolaborasi antara dunia otomotif dan dunia musik. Melalui program ini musik dihadirkan dengan menggunakan instrumen dari peralatan yang biasanya berada di garasi.

Baca Juga

"Peralatan itu biasanya berguna untuk merawat kendaraan. Artinya, peralatan itu memiliki fungsi yang mirip dengan produk oli kami,” kata Partick dalam konferensi pers program Mobil Garage Beats di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, program ini memiliki tujuan utama untuk memberi inspirasi pada generasi milenial sekaligus menegaskan komitmennya untuk ‘Melindungi Sepenuh Hati’ melalui musik yang merupakan bahasa universal.

Dunia musik ini dipilih bukan karena alasan. Karena, berdasarkan data Google Trends yang dirilis oleh HootSuite, keywords “lagu” merupakan kata kunci yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di YouTube pada 2018.

Hal tersebut mencerminkan bahwa musik telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari hari masyarakat Indonesia terutama generasi milenial. Untuk itu, Mobil meluncurkan program Mobil Garage Beats yang berfokus pada minat dan kecintaan banyak orang Indonesia terhadap musik. 

“Musik memiliki kemampuan untuk membangkitkan emosi yang kuat dan memanggil kembali berbagai kenangan dalam hidup kita. Kami meluncurkan Mobil Garage Beats guna menginspirasi banyak orang untuk menjalani hidup mereka sepenuhnya dan melakukan apa yang paling penting bagi mereka, serta terus menciptakan berbagai kenangan istimewa, sementara Mobil aan melindungi apa yang mereka cintai yakni kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujarnya.

Konten karya musik dari program Mobil Garage Beats sendiri akan diluncurkan pada November 2019 di Youtube dan Instagram. Para pendengar juga akan diundang untuk ikut membagikan karya unik mereka yang memadukan lagu dan bunyi alat-alat garasi mereka.

Dalam menciptakan karya musik yang unik, Mobil Lubricants berkolaborasi dengan Andi Rianto, yang merupakan komposer ternama di Indonesia. Lewat aransemen itu, program ini menampilkan beberapa musisi top lainnya, seperti Andra and The BackBone, Rizky Febian, serta beberapa musisi muda berbakat yang tengah naik daun seperti Kevin Widaya, Reza Alwin, KAMILA, Vadi Akbar dan RR Widya.

Andi Rianto, Komposer dan Pemimpin Magenta Orkestra, mengatakan, Mobil Garage Beats diharapkan mampu menjadi wadah bagi para musisi untuk memadukan lagu lokal dan internasional yang populer dengan berbagai suara yang dihasilkan dari peralatan yang ada di garasi dan kendaraan sehingga menghasilkan suatu karya yang menakjubkan.

“Demi mewujudkan kolaborasi ini, saya jadi sering main ke bengkel. Biasanya saya lumayan jarang ke bengkel. Tapi kali ini saya harus ke bengkel untuk melakukan eksplorasi peralatan apa saja yang bisa saya gunakan sebagai aransemen,” kata Andi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement