Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Siswa SD Muhammadiyah Concongcatur Peduli Kekeringan Gunung Kidul

Sabtu 02 Nov 2019 05:58 WIB

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)

Siswa SD Muhammadiyah Concongcatur Peduli Kekeringan Gunung Kidul

Siswa SD Muhammadiyah Concongcatur Peduli Kekeringan Gunung Kidul

Siswa SD Muhammadiyah menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah-Musim kemarau yang terjadi beberapa bulan ini mengakibatkan telaga dan sumber mata air yang selama ini menjadi tumpuhan kehidupan warga mulai mengering, terutama di beberapa Kecamatan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Sudah sejak bulan Juni sampai awal Nopember ini kami kesusahan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar anggota Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) Saptosari, Tujiyanto.

“Kami sudah mengebor sedalam 115 meter, tetapi belum terlihat tanda-tanda sumber mata air akan keluar,” ujarnya. “Bahkan ada beberapa warga harus memasukkan batu tawas ke dalam air bekas cuciannya, agar bisa di gunakan kembali untuk mencuci yang kedua kali,” lanjutnya.

Menurutnya, tidak sedikit warga yang hampir tiga sampai empat hari rela tidak mandi agar persediaan airnya bisa digunakan untuk minum keluarga dan ternaknya. Ini dikarenakan kondisi kekeringan di wilayahnya yang sudah sangat parah.

Berangkat dari kepedulian tersebut, siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Condongcatur, Depok bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) Depok menyalurkan bantuan air bersih untuk warga masyarakat Gunungkidul yang terdampak kekeringan.

Bantuan air bersih kali ini di salurkan di beberapa desa di kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Atas bantuan itu, warga masyarakat sangat berterima kasih atas penyaluran bantuan air bersih dari siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Condongcatur, Depok.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuannya,” ungkap warga Saptosari, Hardi. (AK)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA