Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Memotret Konser dengan Kamera Ponsel, Ini Kiatnya

Sabtu 02 Nov 2019 07:30 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Penyanyi Tulus menggelar konser tunggal, Konser Monokrom Tulus, Rabu (6/2) malam, di Istora Senayan, Jakarta.

Penyanyi Tulus menggelar konser tunggal, Konser Monokrom Tulus, Rabu (6/2) malam, di Istora Senayan, Jakarta.

Foto: dok Rajawali Indonesia
Memotret konser dengan kamera ponsel menghadirkan tantangan tersendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan semakin banyaknya musisi tanah air hingga mancanegara yang datang untuk menyelenggarakan konser, semakin meningkat pula tren untuk pengambilan gambar pada saat konser atau biasa disebut dengan sebutan stage photography. Penikmat musik sering kali mengabadikan momen pada saat menghadiri konser, baik untuk kepentingan pribadi maupun profesional.

Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, mengatakan sebagai penyelenggara dari acara-acara besar, pihaknya memahami betul pentingnya peranan stage photography dalam berbagai aspek, mulai dari dokumentasi internal sampai dengan publikasi acara secara keseluruhan. Mengabadikan momen, khususnya pada saat konser, memiliki tantangan sendiri karena batasan-batasan yang dimiliki hingga objek yang bergerak dengan dinamis.

Salah satu aturan yang jamak berlaku dalam memotret konser ialah larangan membawa kamera profesional atau mirrorless sekalipun. Kamera ponsel pun menjadi salah satu solusi terbaik yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi agar penonton maupun fotografer profesional dapat mengambil gambar yang baik pada saat konser.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggali potensi dari fitur-fitur ponsel guna mendapatkan hasil yang maksimal, seperti dituturkan Romi Hidayat dari Droidlime serta Ardianto selaku Founder Foto Konser.

Memilih kamera ponsel
Langkah awal yang penting adalah mengetahui kebutuhan sehingga dapat mencari ponsel cerdas yang cocok. Pertama, perhatikan resolusi kamera ponsel.

Ini merupakan salah satu patokan utama dalam memilih ponsel karena kualitas kamera menentukan hasil jepretan. Kedua, perkembangan ponsel telah memungkinkan adanya lebih dari satu lensa tertanam di ponsel.

Pastikan konfigurasi yang cocok untuk kebutuhan masing-masing. Ketiga ketahuilah jenis sensor dan fitur penunjang. Ini menjadi sangat penting karena akan memberikan solusi atau jawaban untuk tantangan-tantangan foto pada saat konser

Carilah referensi
Melakukan riset atau mencari referensi sebelum datang ke konser tersebut merupakan persiapan yang sangat penting. Dengan pencahayaan yang tidak menentu hingga ketidaktahuan akan apa yang akan terjadi, mencari referensi atau melihat video konser sebelumnya dapat memberikan pengetahuan akan pola pencahayaan, setting panggung, gerakan musisi tersebut, sampai deretan lagu yang akan dibawakan.

Memaksimalkan kualitas foto
Memastikan cahaya, jarak fokus, hingga kestabilan memang tidak mudah dengan gerakan dinamis dan ragam pencahayaan dalam konser. Tetapi, dengan menguasai dan mengetahui fitur penunjang dari ponsel cerdas yang dimiliki, pengguna dapat mengatur jarak fokus dan kestabilan. Selain itu, pengguna kamera ponsel juga dapat memprediksi mode apa yang harus digunakan saat mendapatkan kondisi cahaya yang sangat terang atau gelap sekalipun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA