Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Gus Yaqut: Banser tidak Bermusuhan dengan FPI

Jumat 01 Nov 2019 12:41 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil

Gus Yaqut

Gus Yaqut

Foto: istimewa
GP Ansor menyatakan tak punya masalah dengan FPI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyebut selama ini tidak ada permusuhan antara Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dengan Front Pembela Islam (FPI) dengan. Ia mengatakan, Banser tak memiliki masalah apapun dengan FPI. 

Baca Juga

"Selama ini Banser tidak pernah punya masalah dengan FPI. Saya selalu katakan di mana-mana Banser itu tidak bermusuhan dan tidak berkawan dengan FPI selama ini. Posisi kita netral saja," kata Gus Yaqut di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, kemarin.

Pernyataan ini disampaikan Yaqut terkait pernyataan Ketua PBNU Said Aqil Siroj, yang menyebut Habib harus dihormati, termasuk Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Pernyataan itu dianggap dapat mencairkan hubungan Banser - FPI yang selama ini dianggap berhadapan. 

Namun, Yaqut menilai anggapan itu terlalu berlebihan. Menurut dia, Banser dan FPI hanya memiliki perbedaan dalam perjuangan. "Saya kira kalau pernyataan Kiai Said kemudian dinilai itu akan mencairkan hubungan antara Banser dan FPI, berlebihan saya kira. Karena tidak pernah ada apa-apa antara FPI dan Banser. Ini soal beda sikap saja," ujar politikus PKB itu. 

Yaqut pun mengakui, ada beberapa gesekan yang terjadi antara FPI dan Banser. Namun, gesekan itu dinilai Yaqut hanya sekadar dinamika lapangan. Ia menolak gesekan itu disebut sebagai permusuhan. 

"Itu kan dinamika di lapangan dan itu sangat situasional. Itu bukan permusuhan apalagi konflik yang sifatnya permanen. Jadi tidak ada yang perlu dicairkan, selama ini juga tidak ada apa-apa," ujar dia. 

Pria yang juga wakil ketua Komisi II DPR RI ini menambahkan, selama ini, Banser dan FPI hanya memiliki perbedaan 'harokah' dalam pergerakan. Yaqut menyebut FPI berdakwah dengan mengedepankan nahi munkar. Sedangkan Yaqut mengklaim Banser mengedepankan amar ma'ruf.

"Itu saja beda harokahnya," ujar pria yang kerap disapa Gus Yaqut ini menambahkan. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA