Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

IPB University Panen Penghargaan pada Oktober 2019

Jumat 01 Nov 2019 09:15 WIB

Red: Irwan Kelana

IPB University Bogor.

IPB University Bogor.

Foto: Dok IPB
Prestasi itu diraih dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan IPB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – IPB University berhasil merebut banyak penghargaan selama Oktober 2019. “Alhamdulillah, IPB University panen penghargaan di bulan Oktober 2019,” kata Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (1/11).

Ia menambahkan, “Kami sangat bersyukur atas diraihnya berbagai penghargaan oleh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di IPB. Hal ini menunjukkan bahwa semua unsur di IPB berusaha keras untuk mengembangkan kreativitas untuk memberikan yang terbaik bagi IPB, seluruh stakeholder dan bangsa ini, sesuai dengan tagline inspiring innovation with integrity.

Ia menyebutkan, penghargaan tersebut diawali dengan terpilihnya tiga orang dosen IPB sebagai Academic Leader 2019. Ketiganya adalah, Rektor IPB, Prof  Dr  Arif Satria sebagai Academic Leader Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Pemimpin Perguruan Tinggi Peringkat 2;  Prof Dr Slamet Budijanto sebagai Academic Leader Bidang Teknologi Peringkat 1; dan Dr Illah Sailah sebagai Academic Leader kategori Pimpinan LLDIKTI Peringkat 2. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI sebagai bentuk apresiasi kepada dosen yang telah menghasilkan karya inovasi yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Selanjutnya, dua penghargaan dalam bidang Media Humas diraih sekaligus oleh IPB dalam Kategori Pemberitaan Terbaik dan Kategori Media Sosial Terbaik. Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (BAKOHUMAS-Kementerian Komunikasi dan Informasi RI pada Malam Penghargaan Anugerah Media Humas 2019, di Pangkal Pinang, 25 Oktober 2019. 

Penghargaan ini menjadi barometer kinerja Kehumasan di tingkat nasional. “Prestasi ini melengkapi penghargaan  Anugerah Humas Indonesia 2019 bulan sebelumnya dimana IPB mendapat Gold Winner untuk Ruang Pelayanan Publik terbaik dan Silver  Winner untuk website Terbaik kategori Perguruan Tinggi,” ujarnya. 

Selain itu, dua mahasiswa IPB berhasil meraih dua penghargaan internasional dalam The 26th Tri-U International Joint Seminar and Symposium di Jiangsu University China, tanggal 20-25 Oktober 2019. Tri-U adalah suatu konsorsium yang terdiri atas 13 perguruan tinggi di mana IPB University menjadi salah satu anggotanya. 

Sanhaji mempresentasikan paper berjudul Sulphur Transporting Machine: Harvesting potential energy into electrical energy. Sementara Khalisah Rahma Safira menyampaikan paper Rice Starch-based Film Incorporated with Zinc Oxide Nanoparticles.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, IPB kembali meraih tiga penghargaan bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Mereka adalah, Dr Anuraga Jayanegara sebagai Peringkat 1 Dosen Berprestasi Nasional untuk Kategori Sains dan Teknologi;  Dr Megawati Simanjuntak sebagai Dosen Berprestasi Nasional Kategori Sosial Humaniora, Peringkat 2; dan  Kusnadi, SE sebagai Tenaga Kependidikan Berprestasi Nasional Kategori Pengelola Keuangan, Peringkat 3. “Peraih penghargaan ini akan menjadi role model, tidak hanya dari sisi kinerjanya tetapi juga dalam hal karakter serta attitude bagi yang lain,” tuturnya.

Momen peringatan Sumpah Pemuda juga memberi warna pada dua anak muda IPB University yang berhasil memboyong Penghargaan Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi Tingkat Nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI 2019. Keduanya adalah  Sari Nurmayani (mahasiswa Magister Agronomi dan Hortikultura) sebagai Juara I Kategori Pertanian dan Kelautan; dan Pipit Pratama (alumni Teknologi Hasil Perairan) sebagai Juara 2 Kategori Jasa dan Perdagangan.  Penghargaan diberikan pada Acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 di Jakarta Concert Hall, 28 Oktober 2019.

“Menutup bulan Oktober, Mahasiswa Berprestasi IPB, Maftuh Ihsan, meraih Silver Medal dalam International Junior Forest Contest (IJFC) 2019 yang diselenggarakan di Voronezh, Rusia,” papar Arif Satria.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA