Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Mau Tahu Berapa Banyak Uangnya Ed Sheeran?

Jumat 01 Nov 2019 00:28 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Penyanyi asal Inggris, Ed Sheraan saat tampil pada konser bertajuk Ed Sheeran Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5).

Penyanyi asal Inggris, Ed Sheraan saat tampil pada konser bertajuk Ed Sheeran Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ed Sheeran menggeser posisi Adele yang pada Mei lalu telah berusia 31 tahun.

CEKNRICEK.COM -- Musisi Ed Sheeran sebagai selebriti Inggris terkaya 2019 di bawah usia 30 tahun versi situs Heatworld. Dilansir NME pada Selasa (29/10), pelantun "Shape of You" yang kini berusia 28 tahun itu menggeser posisi Adele yang pada Mei lalu telah berusia 31 tahun.

Dalam daftar yang dibuat oleh Heat Magazine, menyebut bahwa sebagian besar pendapatan Ed Sheeran berasal dari tur konser Divide yang membuat penyanyi itu memainkan 258 pertunjukan dari Maret 2017 hingga Agustus 2019. Tur konser itu juga sukses menghasilkan pendapatan sekitar US$776,2 juta. Pendapatan dari royalti lagu juga berperan besar menyumbang pendapatan Ed Sheeran.

Tahun lalu Sheeran juga mendapat predikat selebriti Inggris terkaya di bawah usia 30 tahun dengan total kekayaan £94 juta. Pada 2019, total kekayaannya mencapai £170 juta atau setara dengan Rp 3 triliun.

''Kemampuannya memproduksi lagu yang menarik, membuatnya berhasil menjual lebih dari 150 juta kopi rekaman di seluruh dunia,'' pernyataan Heatworld.

Penjualan rekaman tersebut menjadi salah satu sumber pendapatan Sheeran. Karena begitu banyak pundi-pundi uang pelantun Shape of You itu, pembayaran pajak tahun 2018 sebesar £5,9 juta disebut tidak berdampak besar.

Posisi kedua ditempati oleh aktor Daniel Radcliffe yang berusia 30 tahun dengan total kekayaan £90 juta. Kekayaan itu ia dapatkan dari membintangi film seri Harry Potter sejak 2001 sampai 2011.

Di urutan ketiga adalah musisi Harry Styles dengan total kekayaan £64 juta. Diikuti Emma Watson sebesar £57 juta, Niall Horan £54,8 juta, Little Mix £50 juta, Louis Tomlinson £46 juta, Liam Payne £44m juta, Cara Delevingne £39,5 juta, dan Zayn Malik £38 juta.

Karier Sheeran

Musisi bernama lengkap Edward Christopher Sheeran itu lahir di Halifax, West Yorkshire, 17 Februari 1991. Dibesarkan dibesarkan di Framlingham, Suffolk, ia memasuki Academy of Contemporary Music di Guildford sebagai seorang sarjana pada usia 18 tahun di 2009. Pada awal tahun 2011, Sheeran secara independen merilis sebuah extended play berjudul No. 5 Collaborations Project.

Setelah menandatangani kontrak dengan Asylum Records, album debutnya, + (dibaca sebagai "plus"), dirilis di September 2011. Album ini memuncaki tangga album Britania Raya dan Australia, berada di nomor lima di AS, dan telah disertifikasi tujuh-kali platinum di Britania Raya.

Mengutip wikipedia, album ini menghasilkan single "The A Team", yang membuatnya mendapatkan Ivor Novello Award sebagai Best Song Musically and Lyrically. Pada tahun 2012, Sheeran memenangkan Brit Awards sebagai Best British Male Solo Artist dan British Breakthrough Act. "The A Team" mendapat nominasi sebagai Song of the Year di Grammy Awards 2013, di mana dia membawakan lagu ini bersama Elton John.

Baca Juga: Isu Rambut Merah di Balik Pertemuan Ed Sheeran Dengan Pangeran Harry

Album studio keduanya, x (dibaca sebagai "multiply"), dirilis pada Juni 2014. Album ini menduduki peringkat satu di Britania Raya dan AS. Pada tahun 2015, x memenangkan Brit Award sebagai Album of the Year, dan dia menerima Ivor Novello Award sebagai Songwriter of the Year dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors. Singlenya dari x, "Thinking Out Loud", memperoleh dua Grammy Award pada tahun 2016 untuk kategori: Song of the Year dan Best Pop Solo Performance. Pada Mei 2016, x dinobatkan sebagai album dengan penjualan terlaris di seluruh dunia tahun 2015.

Album ketiga Sheeran, ÷ (dibaca sebagai "divide"), dirilis pada Maret 2017. Debut album ini berhasil meraih nomor satu di Britania Raya, AS dan negara-negara lainnya. Kedua single pertama dari album ini, "Shape of You" dan "Castle on the Hill", dirilis pada Januari 2017 dan memecahkan rekor di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Australia dan Jerman, dengan debut di dua posisi teratas di tangga lagu.

Sheeran juga menjadi artis pertama yang mempunyai dua lagu dengan debut di 10 besar di AS pada minggu yang sama. Sejak Maret 2017, Sheeran telah mempunyai 10 single sepuluh besar dari ÷ di UK Singles Chart, memecahkan rekor sebagai 10 single yang berada di sepuluh besar dari satu album di Britania Raya. Single ke empatnya dari ÷, "Perfect", berada di nomor satu di Britania Raya dan Australia, sementara "Perfect Duet", sebuah versi akustik bersama Beyonce, berada di nomor satu di AS. Pada April 2018, ÷ dinobatkan sebagai album dengan penjualan terlaris di seluruh dunia tahun 2017.

Sheeran telah menjual lebih dari 26 juta album dan 100 juta single di seluruh dunia, menjadikannya salah satu dari artis musik dengan penjualan terlaris di dunia. Dua albumnya masuk ke daftar album dengan penjualan terlaris di sejarah album Britania Raya: x (di nomor 20) dan ÷ (di nomor 34). Sebagai seorang aktor, Sheeran telah memainkan peran berulang di The Bastard Executioner dan Home and Away. Dia juga tampil sebagai seorang tentara Lannister di Game of Thrones.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA