Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Tidak Sulit Meningkatkan Fungsi Otak, Coba Cara Ini

Kamis 31 Oct 2019 14:49 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah

Berpikir saat bekerja memerlukan otak yang sehat (Ilustrasi)

Berpikir saat bekerja memerlukan otak yang sehat (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan setiap hari untuk kesehatan otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat banyak cara untuk mengoptimalkan fungsi otak. Salah satu yang paling efektif adalah membiasakan diri melakukan kegiatan sederhana setiap harinya. Kegiatan yang berdampak pada kemampuan pemecahan masalah secara efektif dan juga bagus untuk kesehatan mental.

Laman inc.com, Kamis (31/10), menulis empat kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fungsi otak. Jika bisa melakukannya setiap hari, maka akan meningkatkan produktivitas dalam jangka pendek dan meningkatkan kesehatan kognitif untuk jangka panjang.

Pertama, rayakan sebuah keberhasilan. Walau hanya keberhasilan kecil, setidaknya Anda merayakan sesuatu setiap harinya dengan cara sederhana. Misalkan Anda berhasil menyelesaikan proyek yang dikerjakan selama berbulan-bulan atau Anda baru saja selesai menghapus semua pesan di kotak masuk surel.

Direktur Lab Teknologi Persuasif di Stanford University, B.J. Fogg, mengatakan, otak manusia tidak bisa membedakan prestasi besar dan prestasi kecil. Jadi 'retas' otak Anda dengan meluangkan waktu untuk memberi selamat pada diri sendiri dan merayakan pencapaian kecil, terutama setiap hari.

Penelitian memberi tahu kita bahwa ketika orang senang dengan pekerjaan mereka, maka mereka akan lebih produktif dan lebih kreatif. Jadi lakukanlah apa pun yang bisa membuat diri Anda bahagia sehingga bisa bekerja optimal.

Kedua, olahraga selama 20 menit. Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata olahraga juga meningkatkan fungsi otak. Olahraga selama 20 menit setiap harinya juga tidak terlalu menyita waktu. Anda bisa berolahraga seperti jalan santai, lari, ataupun berenang.

Sebuah studi menemukan bahwa 20 menit berolahraga memiliki efek terukur pada fungsi otak. Sebaliknya, peiode olahraga yang sangat panjang akan membuat Anda dehidrasi dan bisa berdampak buruk bagi fungsi otak.

Ketiga, pelajari bahasa baru atau alat musik baru. Atau Anda mempelajari trik sulap. Intinya adalah mulai mempelajari sesuatu yang benar-benar asing sehingga Anda harus memahaminya dengan cara yang baru. Sehingga bagian otak yang jarang dipakai bisa ikut terpacu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, maka Anda harus memaksakan diri. Kemungkinan Anda akan frustrasi mempejari hal-hal baru tersebut, tapi itu hal yang baik. Kalahkan rasa frustasi itu dan lakukan sebaik mungkin, maka itu akan sangat bagus untuk otak Anda.

Keempat, dapatkan tidur berkualitas. Tidur cukup tak hanya membuat Anda prima saat bekerja siang hari, tapi juga mengurangi risiko Alzheimer. Cukupkan tidur malam Anda selama delapan jam sehari.

Adapun tidur berkualitas adalah periode tidur nyenyak yang tidak mendapat gangguan sama sekali. Tips sederhana untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan tidak memainkan ponsel sebelum tidur dan matikan ponsel Anda saat tidur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA