Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

LeBron Cerita Saat Mengungsi Akibat Kebakaran di Kalifornia

Rabu 30 Oct 2019 17:08 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

LeBron James

LeBron James

Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez
LeBron bisa melihat api berkobar di kejauhan dari atap rumahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Kebakaran lahan yang melanda sebagian wilayah Kalifornia memaksa penduduk negara bagian Amerika Serikat tersebut mengungsi dari kediaman mereka. Api melahap sebagian rumah warga, sementara sebagian lainnya harus dievakuasi karena kekhawatiran api akan menjalar mendekati kediaman mereka.

Baca Juga

Salah satu korban terdampak adalah LeBron James. Bintang Los Angeles Lakers ini diperintahkan meninggalkannya rumah mewahnya di Brentwood, Kalifornia pada Senin (28/10), sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Api yang membakar lebih dari 600 hektare lahan telah merusak atau menghancurkan lebih dari selusin bangunan dan mendekati tempat  tinggal James.

LeBron mengatakan menerima pemberitahuan pertama tentang kebakaran sekitar Senin (28/10) pukul 01.30 setelah kemenangan Lakers melawan Charlotte Hornets pada Ahad malam. Kemudian ada pemberitahuan evakuasi 15 menit kemudian. LeBron bisa melihat api berkobar di kejauhan dari atap rumahnya.

"Kami akhirnya keluar dari rumah setelah pukul 2 dan akhirnya mendapatkan tempat yang aman sekitar jam 4 pagi," kata LeBron setelah latihan Lakers pada Selasa (29/10) pagi. Saat itu, LeBron mengaku hanya berpikir untuk membawa kartu kredit dan paspornya. 

Status sebagai superstar NBA tak menjaminnya bisa mendapatkan tempat menginap dengan mudah. Tiga hotel yang dikontaknya penuh hingga akhirnya mendapatkan kamar untuk dia dan keluarganya di hotel keempat. "Kami akhirnya benar-benar tidur sekitar jam 6 pagi. Itu gila," kata dia dilansir dari laman ESPN, Rabu (30/10)

LeBron mengatakan dia tidur sekitar dua jam pada Senin sebelum pergi ke fasilitas latihan Lakers untuk bekerja. James menunjukkan komitmen tinggi pada pekerjaannya, meskipun sang pelatih Frank Vogel sebenarnya memberikan izin untuk absen. Vogel pun salut akan dedikasi James untuk tim.

Vogel akrab dengan bencana alam yang bisa mengganggu tim. Ia melatih Orlando Magic pada 2016 ketika timnya terdampak oleh bencana Badai Matthew. Bagi Vogel, keluarga jadi prioritas utama di atas pekerjaan.

"Jelas itu selalu sedikit mengganggu ketika sesuatu seperti itu berdampak pada keluarga Anda, dan hal-hal yang tidak beres di rumah," kata Vogel.  "Tapi (LeBron) menanganinya dengan baik."

Anak-anak LeBron tidak masuk sekolah pada Senin. Selain tak punya pakaian, mereka tidak bisa tidur nyenyak. Tapi LeBron mengatakan anak-anaknya kembali ke sekolah pada Selasa.

Anak tertua James bernama LeBron Raymone James Jr dan berusia 15 tahun. Anak keduanya tiga tahun lebih muda bernama Bryce Maximus James. Keduanya merupakan pebasket andalan sekolahnya masing-masing.

James tetap bermain saat Lakers mengalahkan Memphis Grizzlies 120-91 pada Selasa atau Rabu (30/10) pagi WIB. Ia tampil 28 menit dan mencetak 23 angka. James mengatakan kurang tidur telah mempengaruhi pemulihannya dalam bersiap-siap untuk pertandingan keempat Lakers musim ini. Anak ketiganya Zhuri Nova James masih berusia lima tahun.

Vogel akan mengingat cobaan yang terjadi pada James dan akan mengatur menit bermain untuk veteran yang sudah 17 tahun bermain di NBA. "Kami akan selalu penuh perhatian ketika ada keadaan buruk seperti ini, hanya untuk mengawasinya dan mungkin berkomunikasi berlebihan dengannya tentang bagaimana perasaannya," kata Vogel. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA