Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Bersama Ribuan Santri, Pemkot Aceh Barat Pawai Jalan Kaki

Selasa 29 Oct 2019 22:57 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Peringatan Hari Santri (Ilustrasi)

Peringatan Hari Santri (Ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pawai jalan kaki dalam rangka Hari Santri 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH— Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, H Ramli MS, bersama Wakil Bupati H Banta Puteh Syam, forum pimpinan daerah dan pejabat pemerintah, melakukan pawai jalan kaki bersama ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren di Meulaboh, Selasa (29/10).

Baca Juga

Pawai jalan kaki tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan dan memperingati Hari Santri Nasional 2019. "Pawai jalan kaki yang saya pimpin ini bertujuan agar masyarakat lebih cinta terhadap santri, sekaligus mengajak masyarakat agar lebih peduli kepada pesantren atau pun dayah sebagai tempat pendidikan agama," kata Ramli,di Meulaboh.

Menurut dia, selama ini lembaga dayah/pesantren tradisional di Aceh sudah menjadi contoh bagi masyarakat di daerah lain atau pun di dunia internasional, karena di lembaga ini para santri bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan agama Islam yang lebih baik.

Selain itu, dengan menjadi santri, masyarakat khususnya generasi muda dapat mempelajari arti toleransi, perdamaian, dan kesuksesan dunia-akhirat.

Ramli berharap melalui momentum Hari Santri Nasional 2019 ini, santri menjadi tolok ukur sebuah laboratorium perdamaian dunia.

Tidak hanya itu, santri juga diharapkan menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa santri adalah garda terdepan dalam merawat kebhinekaan, Pancasila, UUD 1945, dan garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan terus berupaya memberikan perhatian penuh kepada santri, pondok pesantren/dayah dan guru agama, agar mereka bisa mendapatkan perhatian penuh dan sejahtera seperti masyarakat pada umumnya," kata dia. 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA