Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Kunjungan Turis Naik Sejak Sawahlunto Jadi Warisan Dunia

Selasa 29 Oct 2019 20:34 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Pemadu wisata menjelaskan tentang sejarah Lubang Mbah Suro di bekas tambang batu bara di Sawahlunto.

Pemadu wisata menjelaskan tentang sejarah Lubang Mbah Suro di bekas tambang batu bara di Sawahlunto.

Foto: Iggoy El Fitra/Antara
Pemkot Sawahlunto akan meningkatkan fasilitas penunjang.

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan daerahnya semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri sampai dari mancanegara. Terutama, sejak diakuinya lahan bekas tambang batubara Ombilin atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Baca Juga

"Sudah mulai banyak berdatangan orang dari berbagai daerah dan berbagai negara. Ini efek dari tambang batubara Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sudah jadi warisan dunia," kata Deri di Padang, Selasa (29/10).

Deri hari ini hadir dalam penyerahan secara resmi sertifikat Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia dari UNESCO. Sertifikat resmi tersebut diserahkan oleh Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO  Arief Rahman kepada Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang.

Tapi kata Deri pihaknya masih dalam upaya menyiapkan fasilitas yang lebih memadai buat mengakomodir wisatawan yang datang ke Sawahlunto. Seperti akses transportasi, restoran kelas internasional dan penginapan yang nyaman buat pelancong. Deri mengakui pihaknya belum punya catatan detail mengenai wisatawan asing dan lokal yang sudah ramai berkunjung ke Sawahlunto pasca penetapan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia dari UNESCO.

"Intinya kalau kita hari ini datang ke Sawahlunto, kita akan melihat turis lokal dan mancanegara yang berkeliling jalan kaki. Tiap minggu pasti ada," ujar Deri.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA