Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

6 Dusun di Gunung Kidul Peroleh 60 Ribu Liter Air Bersih

Selasa 29 Oct 2019 19:32 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah

Krisis air bersih (ilustrasi)

Krisis air bersih (ilustrasi)

Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Bantuan air bersih itu pun disambut dengan antusias oleh warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga filantropi Nusantara Peduli kembali menyalurkan bantuan air bersih ke wilayah yang dilanda kekeringan. Kali ini, Nusantara Peduli mengirimkan bantuan air bersih ke beberapa dusun di dua Kecamatan di Gunung Kidul yang mengalami kekeringan. Total sebanyak 10 tangki air bersih dengan total kapasitas 60 ribu liter di distribusikan pada Selasa (29/10).

Baca Juga

Terdapat enam dusun di dua Kecamatan yang menerima bantuan air bersih. Di antaranya yakni Kecamatan Rongkop, bantuan air bersih didistribusikan di tiga dusun yakni dusun Ngricik, dusun Ngurak Urak, dusun Ngampiran. Sedangkan di Kecamatan Girisubo, air bersih didistribusikan di dusun Pucung, dusun Bengle dan dusun Traju.

Bantuan air bersih itu pun disambut antusias warga. Terlebih danau dusun Ngricik yang menjadi sumber mata air satu-satunya juga mengalami kekeringan. Selama beberapa bulan terakhir, warga setempat pun harus berjuang mencari sumber air.

“Sudah lima bulanan lalu danau dusun sebagai sumber air dusun kering. Dan satu-satunya alternatif warga untuk mendapatkan air bersih ya harus beli. Sampai ada warga yang menjual ternaknya untuk bisa membeli air bersih,” kata kepala dusun Ngricik Yulianto seperti dalam rilis humas Nusantara Peduli yang diterima Republika.co.id pada Selasa (29/10). 

Sementara itu Kepala area Nusantara Peduli Yogyakarta, Zainal Oktavianto mengatakan program berbagi satu juta liter air bersih merupakan program yang rutin dilakukan Nusantara Peduli untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses air bersih selama musim kemarau. Ia pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membantu warga yang membutuhkan air bersih di beberapa daerah kekeringan dengan mendukung program Berbagi Sejuta Liter Air Bersih melalui Nusantara Peduli.

“Tahun ini Nusantara Peduli sudah beberapa kali menyalurkan  air bersih di daerah-daerah kekeringan yang  ada di Yogyakarta. Kali ini, Nusantara Peduli menyalurkan sebanyak 60 ribu liter air bersih di dusun-dusun yang ada di Kecamatan Girisubo dan Rongkop. Semoga bantuan air bersih ini dapat mengurangi beban warga akibat kekeringan ini dan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga penerima manfaat,” Jelas Zainal. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA