Tuesday, 12 Safar 1442 / 29 September 2020

Tuesday, 12 Safar 1442 / 29 September 2020

KPU Sumbar Miliki Anggaran Rp 131 M untuk Pilkada 2020

Selasa 29 Oct 2019 17:01 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno

Foto: Humas Pemprov Sumbar
Dana ini untuk menyelenggarakan Pemilihan Gubernur tahun depan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mendapatkan suntikan dana senilai Rp 131 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dana ini untuk menyelenggarakan Pemilihan Gubernur tahun depan. Ketetapan dana ini dipastikan usai pertemuan antara Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dengan anggota KPU Sumbar di rumah dinas Gubernur, Selasa (29/10).

"Tadi sudah ditandatangani, Alhamdulillah sudah selesai, berarti ke depan sudah bisa dicairkan," kata Irwan.

Pencairan dana Pilgub ini akan dimulai tahun ini. Karena anggaran Rp 131 M ini masuk dalam anggaran perubahan 2019 dan APBD 2020. Sebenarnya KPU Sumbar membutuhkan dana Rp 137 M. Tapi yang terealisasi dari Pemprov Sumbar hanya Rp 131 M. Amnasmen optimistis dana tersebut cukup untuk mensukseskan Pilkada yang akan menentukan pemimpin Sumbar periode berikutnya.

"Mudah-mudahan ini cukup. Kita berkomitmen bahwasanya seluruh realisasi anggaran ini kita laksanakan dengan sebaik-baiknya secara transparan, seefektif, dan seefisien mungu," ujar Amnasmen.

KPU Sumbar sudah memulai tahapan Pilkada. Dimulai dari sosialisasi dan publikasi mengenai pelaksanaan Pilkada 2020. Rencananya untuk tahap awal kata Amnasmen KPU Sumbar akan mencairkan dana ini sebanyak Rp 2,5 miliar.

"KPU akan melakukan proses sosialisasi, publikasi persiapan terhadap calon perseorangan, dan persiapan pembentukan badan Adhoc," kata Amnasmen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA