Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Messi: Lebih Baik Jadi Pemain Pengganti daripada Digantikan

Selasa 29 Oct 2019 07:31 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: EPA-EFE/Alberto Estevez
Banyak hasil penentu pertandingan diselesaikan jelang akhir laga.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lionel Messi mengungkapkan dirinya lebih baik bermain dari bangku cadangan, dibandingkan harus digantikan di tengah pertandingan. Messi memang pernah menolak diganti, meskipun timnya unggul dengan margin yang cukup besar.

''Saya tidak suka diganti. Saya lebih baik masuk dari bangku cadangan dan bermain sebentar dibandingkan ditarik keluar,'' kata Messi dikutip dari ESPN, Selasa (29/10).

Alasannya, lanjut Messi, banyak hasil penentu pertandingan diselesaikan jelang akhir laga. Selain itu, jelang akhir pertandingan memberikan kesempatan untuk mendapatkan ruang karena lawan sudah mulai lelah.

Sehingga, Messi lebih memilih dicadangkan lebih dulu baru kemudian masuk di menit-menit akhir. Saat itu, ia mengaku siap mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Pemain internasional Argentina itu telah mencetak 674 gol dalam 829 pertandingan untuk Barcelona dan Argentina. Tapi, La Pulga, julukan Messi, menilai bahwa mencetak gol hanya salah satu aspek dalam sebuah pertandingan.

Bahkan, Messi mengakui kalau bukan pemain dengan tipe pencetak gol. Ia juga lebih suka masuk dari belakang lawan dan memegang bola lebih lama untuk menciptakan peluang. ''Saya juga suka berada di kotak (penalti) dan mencetak gol, tapi saya tidak hidup untuk mencetak gol. Saya lebih suka menyentuh bola secara konstan,'' jelasnya.

Messi menuturkan, dirinya selalu belajar untuk menyesuaikan diri dalam pertandingan dan menemukan momentum. Bahkan ia mengakui sering ada momen ia tidak perlu terlibat dalam serangan. Tapi ia siap menunggu momentum yang tepat untuk melakukan serangan dengan kemampuan fisiknya.

''Saya tumbuh dengan kemampuan membaca pertandingan lebih baik. Untuk mengetahui momen apa dan di mana saya bisa lebih efektif dan krusial,'' tegas Messi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA