Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Uni Eropa Setuju Tunda Brexit Hingga 31 Januari 2020

Senin 28 Oct 2019 18:04 WIB

Red: Nur Aini

Bendera Inggris dan Uni Eropa

Bendera Inggris dan Uni Eropa

Foto: Reuters
Tenggat Brexit sebelumnya pada 31 Oktober 2019 tetapi diminta ditunda.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dewan Uni Eropa setuju untuk memberi Inggris tenggat waktu bagi penundaan Brexit hingga 31 Januari tahun depan. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan, pihaknya menyetujui penundaan dan melakukan perpanjangan masa tenggat atas kesepakatan Brexit.

"UE 27 telah setuju bahwa mereka akan menerima permintaan Inggris untuk perpanjangan fleksibel bagi Brexit. Keputusan ini diharapkan akan diformalkan melalui prosedur tertulis," cicit Presiden Dewan Eropa seperti dikutip laman Aljazirah, Senin (28/10).

Pengumuman Tusk muncul ketika para diplomat Uni Eropa bertemu di Brussels untuk menandatangani penundaan baru Brexit yang tiga hari lagi jatuh tempo, atau pada tanggal 31 Oktober 2018. Itu adalah kedua kalinya batas waktu Brexit telah diubah sejak referendum 2016 tentang hengkangnya Inggris dari UE.

Baca Juga

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson terpaksa meminta kembali penundaan Brexit karena kesepakatan yang dibuatnya dengan Uni Eropa tidak disetujui parlemen Inggris. Johnson awalnya ingin Inggris tetap keluar dari UE, di akhir Oktober, ada atau tanpa kesepakatan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA