Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Pengolahan Kayu Terbakar di Tasikmalaya, Rugi Ratusan Juta

Senin 28 Oct 2019 17:53 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolanda

Kebakaran melanda sebuah pabrik kayu di Kelurahan Kersanagara, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya, Senin (28/10) siang.

Kebakaran melanda sebuah pabrik kayu di Kelurahan Kersanagara, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya, Senin (28/10) siang.

Foto: Republika/Bayu Adji P
Api yang bersumber dari tempat pengolahan kayu itu juga membakar warung warga.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kebakaran melanda sebuah pabrik kayu di Kelurahan Kersanagara, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya, Senin (28/10) siang. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga

Salah satu saksi mata, Maksum (48 tahun) mengatakan, api pertama muncul pada sekitar pukul 11.30 WIB. Api yang muncul dari dalam tempat pengolahan kayu dengan cepat membesar.

"Warga langsung memadamkan dengan alat seadanya. Bahkan sempat diumumkan di masjid," kata dia di lokasi, Senin (28/10).

Api yang bersumber dari tempat pengolahan kayu itu juga membakar warung milik Maksum yang berada tepat di sampingnya. Bukan hanya barang dagangannya, alat usaha tambal ban miliknya pun habis terbakar api.

Beruntung, keluarganya yang ketika itu berada di dalam warung berhasil menyelamatkan diri. Namun, hampir semua barang-barang miliknya tak bisa diselamatkan.

"Api cepat besarnya. Kalau ditotal, saya saja rugi Rp 20 juta," kata dia.

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kota Tasikmalaya, Samsudin mengatakan, pihaknya menerima laporan telah terjadi kebakaran pada pukul 12.00 WIB. Tiga unit mobil damkar diterjunkan.

"Sampai di TKP api sudah besar. Karena lokasi di pinggir jalan, pasokan air mudah," kata dia.

Butuh waktu sekitar 90 menit untuk bisa memadamkan api. Hingga pukul 13.30 WIB, proses pendingan masih dilakukan oleh petugas damkar. 

Ia menyebutkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan. Kita serahkan ke polisi," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA