Selasa 29 Oct 2019 00:47 WIB

120 Siswa SD Ikuti Science Film Festival di Solo

Science Film Festival merupakan pembelajaran sains yang dikombinasikan dengan film

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Sebanyak 120 siswa SD Cemara 2 Solo mengikuti kegiatan Science Film Festival 2019 di Hotel Sahid Jaya Solo, Senin (28/10). Science Film Festival merupakan pembelajaran sains yang dikombinasikan secara efektif melalui metode pemutaran film dan berbagai eksperimen.
Foto: dok. Hotel Sahid Jaya Solo
Sebanyak 120 siswa SD Cemara 2 Solo mengikuti kegiatan Science Film Festival 2019 di Hotel Sahid Jaya Solo, Senin (28/10). Science Film Festival merupakan pembelajaran sains yang dikombinasikan secara efektif melalui metode pemutaran film dan berbagai eksperimen.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Sebanyak 120 siswa SD Cemara 2 Solo mengikuti kegiatan Science Film Festival 2019 di Hotel Sahid Jaya Solo, Senin (28/10). Kegiatan yang merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bertajuk Sahid Science Day tersebut bekerja sama dengan Goethe Institut.

Science Film Festival merupakan pembelajaran sains yang dikombinasikan secara efektif melalui metode pemutaran film dan berbagai eksperimen. Hal itu sesuai dengan salah satu komitmen Sahid Hotels and Resorts di bidang pendidikan untuk mencerdaskan dan memperkaya ilmu pengetahuan anak-anak Indonesia.

Science Film Festival 2019 mengusung tema "Humbold dan Jaringan Kehidupan". Tema tersebut membahas konsep pendekatan ilmiah terhadap alam sebagai jaring kehidupan yang saling terkait yang dikemukakan oleh tokoh multitalenta asal Jerman Alexander von Humboldt. Dalam kegiatan tersebut, para siswa diberikan pemahaman terkait perlunya kesadaran segala sesuatu itu saling terhubung. Sehingga, kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia di satu tempat akan selalu membawa dampak di tempat lain di kemudian hari.

Public Relations Manager Hotel Sahid Jaya Solo, Septiarona, mengatakan, Hotel Sahid Jaya Solo bekerja sama dengan Goethe Institut dari Jakarta untuk menyelenggarakan Science Film Festival dimana tahun ini merupakan kali keempat. Terakhir, acara yang sama digelar pada 2017. Tahun ini, Hotel Sahid Jaya Solo mengundang para siswa Kelas IV SD Cemara 2 Solo. Pada 2017, Hotel Sahid Jaya Solo mengundang para siswa SD Al Firdaus.

"Ada empat sesi film yang diputar tentang sains dan jaringan kehidupan yang dikemukakan Humboldt. Setelah pemutaran film ada eksperimen dari Goethe Institut yang melibatkan para siswa," kata Septiarona kepada wartawan di sela-sela acara tersebut.

Science Film Festival 2019 akan diselenggarakan di 51 kota besar di Indonesia mulai 23 Oktober-24 November 2019. Kali ini Sahid Hotels and Resorts menyelenggarakan Sahid Science Day 2019 di sembilan unit Sahid di antaranya Sahid Raya Hotel and Convention Yogyakarta, Sahid Jaya Solo, Sahid T-More Kupang, Sahid Serpong, Sahid Surabaya, Sahid Bangka, Sahid Skyland City Jatinangor, Sahid Jaya Lippo Cikarang, dan Sahid Mandarin Pekalongan.

"Diharapkan dengan adanya program CSR kali ini dapat meningkatkan kesadaran mengenai isu lingkungan, perubahan iklim, dan kelestarian alam, khususnya bagi pelajar dan orang muda. Selain itu juga dapat memberikan berbagai solusi untuk pemulihan alam di bumi kita," kata Septiarona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement