Sabtu 26 Oct 2019 12:56 WIB

Nadiem Imbau Guru untuk Terus Belajar

Jangan harap murid mau belajar kalau gurunya juga tidak ingin belajar

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
Mendikbud Nadiem Makarim usai temu pendidik nusantara di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).
Foto: Dian Erika N / Republika
Mendikbud Nadiem Makarim usai temu pendidik nusantara di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mengimbau para guru untuk mau terus belajar. Menurut dia, murid tidak bisa diharapkan untuk belajar terus sementara guru enggan memperkaya diri dengan ilmu yang baru.

"Jadinya alhamdulillah banyak sekali guru yang memang ingin lebih baik, ingin belajar seperti muridnya. Dan itu kata kuncinya," ujar Nadiem kepada wartawan saat menghadiri acara 'Literasi Menggerakkan Negeri: Temu Pendidik Nusantara 2019' di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).

Dia melanjutkan, selama ini murid selalu diharapkan untuk terus belajar.  Padahal, guru juga memiliki tugas yang sama, dalam konteks mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang mendidik.

"Kita tidak bisa expect murid kita itu untuk mau belajar kalau gurunya juga tidak ingin belajar," tegas Nadiem.

Melalui acara Temu Pendidik Nusantara, sebanyak 1.000 orang guru dari 150 daerah bertemu untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait edukasi. Acara ini digelar pada 25-27 Oktober 2019. Beberapa hal yang menjadi pembahasan utama acara ini adalah pemerataan pendidikan dan literasi dalam edukasi. 

Melihat atensi guru yang besar dalam acara ini, Mendikbud Nadiem merasa termotivasi. "Itu luar biasa saya termotivasi terutama sama guru-guru yang saya temui hari ini dan harapannya kami akan bertemu berbagai macam guru lagi," tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement