Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Catatan Gemilang Peradaban Islam dalam Teknologi Hidrolik

Senin 28 Oct 2019 11:28 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Ilmuwan Muslim

Ilustrasi Ilmuwan Muslim

Foto: Mgrol120
Umat Islam telah membuat inovasi pada masa lampau, termasuk teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan teknologi tersebut secara detail dapat ditelusuri dalam risalah yang berkaitan dengan pertanian seperti Nabatean Agriculture.

Umat Islam telah membuat inovasi pada masa lampau, termasuk teknologi. Dalam sejarahnya, umat pengikut Nabi Muhammad ini juga mampu meberikan catatan gemilang pada bidang teknologi hidrolik

Hidrolik berasal dari bahasa Yunani yang dalam bahasa Inggris artinya air dalam pipa. Manu sia sudah sadar akan pen tingnya hidrolik sejak zaman dulu.

Dalam periode waktu antara tahun 100 dan 200, bahkan manusia sudah merealisasikan ener gi potensial aliran air di sungai.

Dalam sebuah teks Arab pada abad pertengahan juga banyak yang mence ritakan tentang irigasi, bendungan, dan mesin bertenaga air yang kemudian membentuk konstruksi budaya.

Laporan terse but menunjukkan adanya mesin yang luar biasa dengan fitur-fitur yang canggih.

Referensi-referensi tersebut terdapat dalam berbagai sumber tekstual, termasuk dalam bidang sastra. Bahkan, juga dapat ditemukan dalam karya-karya geografis dan kosmografis seperti karya adDimasyqi, risalah teknologi yang disajikan oleh Bana Musa dan al-Jazari, serta dari dokumen administrasi.

Dikutipndari laman muslimheritage, laporan yang terkandung dalam teks Arab tersebut terinspirasi dari realitas historis konstruksi hidrolik yang tersebar dari Andalusia dan negara-negara Arab hingga Mesopotamia dan Transoxania di timur.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA