Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Piers Morgan Mengaku Khawatirkan Greta Thunberg

Senin 28 Oct 2019 08:45 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Aktivis lingkungan dari Swedia Greta Thunberg.

Aktivis lingkungan dari Swedia Greta Thunberg.

Foto: AP Photo/Jason DeCrow
Piers menduga ada pihak-pihak yang coba memanfaatkan Greta Thunberg.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Jurnalis dan presenter asal Inggris, Piers Morgan, menyatakan kekhawatirannya tentang seorang remaja yang menjadi aktivis lingkungan, Greta Thunberg. Ia mengatakan ada kemungkinan bahwa perempuan berusia 16 tahun itu sedang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.

Dalam sebuah pernyataan, Morgan yang nampak mengejek dan menyampaikan komentar sarkastik terhadap Thunberg mengungkapkan bahwa ia sama sekali tidak pernah membenci remaja itu. Sebaliknya, ia merasa sangat khawatir, bahkan melebihi pendukung aktivis muda itu sendiri.

“Saya sama sekali tidak membenci Greta, saya melihat bahwa tekadnya begitu mengagumkan. Tapi, saya pikir dia sedang dimanfaatkan dan saya mengkhawatirkannya lebih dari pendukungnya,” ujar Morgan merespons kritik terhadapnya karena sikap terhadap Thunberg, dilansir The Independent, Senin (28/10).

Sebelumnya, Morgan terlihat menertawakan Thunberg yang menghadiri demonstrasi tentang pemanasan global di Van Couver, Kanada, pada akhir pekan lalu. Ia juga sempat menampilkan kesan yang bermaksud mengejek remaja asal Swedia itu dengan mengomentari foto yang diunggah Thunberg.

“Selamat, seperti Anda bersenang-senang meski kami orang dewasa yang mengerikan sedang menghancurkan masa muda Anda. Apakah Anda akan kembali ke sekolah lagi dalam waktu dekat?” ujar Morgan saat berkomentar tentang Thunberg.

Sikap Morgan telah mendapatkan kriitk secara luas oleh para pengguna media sosial. Thunberg menjadi aktivis lingkungan yang dikenal di seluruh dunia setelah membawakan pidato di PBB pada September lalu.

Saat itu, Thunberg mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa mereka telah mencuri impian dan masa kecilnya karena janji-janji yang tidak berarti. Remaja ini kemudian mendapat respons yang menyerangnya dari sejumlah tokoh terkemuka dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemilik merek mode ternama Louis Vuitton, Moet Hennesey.

Meski demikian, Thunberg juga mendapat banyak pujian dari warga dunia. Bahkan, sejumlah publik figur dan selebritas seperti  Arnold Schwarzenegger dan Kim Kardashian mengaku sangat kagum dengan keberanian Thunberg dan ingin memperkenalkannya ke anak-anak mereka.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA