Ahad 27 Oct 2019 23:25 WIB

32 Kampus Muhammadiyah Kerja Sama dengan 23 Kampus China

Kerjasama untuk meningkatkan kualitas kampus masing-masing.

Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebanyak 32 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah dari seluruh Indonesia melakukan penjajakan kerja sama dengan 23 perguruan tinggi asal China.

Siaran pers yang dikirim di Jakarta, Ahad (27/10) malam menyebutkan, perwakilan perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dan perwakilan perguruan tinggi dari Provinsi Jiangsu, China tersebut menggelar pertemuan di Gedung Utama Kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Ahad.

Baca Juga

Acara yang digagas oleh tuan rumah tersebut didukung oleh Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah) serta Asosiasi Kantor Urusan Internasional (Askui) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Menurut Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Sayuti PhD, China merupakan mitra penting karena memiliki potensi untuk menjadi kiblat ekonomi dan teknologi dunia yang menyaingi Amerika Serikat dan Eropa Barat.

Sementara itu, Ketua Askui PTM, Yordan Gunawan MH MBA, meminta kepada para penggiat internasionalisasi di PTM, agar meningkatkan MoU (Memorandum of Understanding) ke tahap selanjutnya, yaitu menjadi MoA (Memorandum of Agreement), dengan secara intensif mengontak mitra asing yang dimiliki.

Yordan mengatakan, dokumen naskah nota kesepahaman akan dikaji oleh universitas di China untuk kemudian dilanjutkan dengan korespondensi oleh pegiat internasionalisasi para pihak.

Ajang kerja sama seperti ini bermanfaat untuk membangun jejaring pendidikan tinggi menjadi lebih luas dan lebih global. “Setiap PTMA memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, dan sinergi diperlukan untuk maju bersama,” tambahnya.

Salah satu PTMA yang hadir untuk menjalin kerja sama adalah Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) yang mengadakan komunikasi dengan kampus Yancheng Teachers University, Nanjing Tech University, dan Nanjing Agricultural University.

Ketiga kampus tersebut dipilih karena memiliki program studi yang selaras dengan yang dimiliki oleh Uhamka, kata Wakil Rektor III Uhamka bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Lelly Qodariah, MPd sebagai salah satu yang hadir dari PTMA.

 

 

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement