Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Tambah Tiga Poin dari Barito, Bali United Kokoh di Puncak

Ahad 27 Oct 2019 20:40 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Liga 1

Liga 1

Foto: Dok PSSI
Bali United sukses mengamankan tiga poin setelah menaklukkan Barito Putera 3-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bali United sukses mengamankan tiga poin setelah menaklukkan Barito Putera 3-2 pada laga lanjutan pekan ke-25 Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Ahad (27/10). Tambahan tiga poin membuat tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini semakin perkasa di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 54 poin. 

Serdadu Tridatu unggul 13 angka dari Barito Putera di posisi kedua. Selain itu, skuat asuhan Stefano Cugurra juga baru melakoni 23 pertandingan. Sementara Barito Putera masih berada di peringkat ke-12 dengan nilai 26 dari 25 pertandingan

Jalannya laga

Baca Juga

Bermain di kandang sendiri, Bali United langsung menggempur pertahanan Barito pada 17 detik pertama. Peluang pertama didapatkan oleh Ilija Spasojevic saat menerima umpan terukur dari Al-Ayyubi di depan gawang. Tapi kiper Barito Aditya Harlan mampu menahan bola yang mengarah langsung ke gawang tersebut.

Barito justru berhasil menciptakan gol lebih awal. Gol pembuka tersebut dicetak oleh Samsul Arif dengan pergerakan individu di depan gawang Wawan Hendrawan. Usai menggocek dua pemain belakang Bali United di sisi kanan kotak penalti, Samsul langsung melepaskan tembakan keras ke tiang dekat dan berhasil menggetarkan gawang Bali United pada menit kesembilan. Skor 1-0 untuk Barito.

Tak butuh waktu lama, selang dua menit kemudian, kubu tuan rumah mendapat hadiah penalti dari wasit setelah Melvin Platje dilanggar di kotak 16 saat berusaha mengejar umpan dari Fadil Sausu. Spaso yang bertindak sebagai eksekutor tendangan dari titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tendangan keras yang diarahkan ke sisi kiri berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Bali United kembali memberikan tekanan ke lini pertahanan Barito Putera. Dengan memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Gavin, Platje langsung melesakkan bola ke gawang namun berhasil diblok oleh Aditya Harlan. Tendangan Fadil saat menyambut bola rebound pun kembali digagalkan oleh Aditya.

Pada menit ke-25, giliran Barito yang mendapat hadiah penalti saat Leo Tupamahu dinilai melakukan pelanggaran di kotak 16. Namun, Rafael yang bertindak sebagai eksekutor gagal menyelesaikan tugasnya ketika arah bola dengan mudah dapat dibaca oleh Wawan Hendrawan. Skor tidak berubah karena Wawan berhasil mengamankan bola yang mengarah ke sisi kanan gawang itu.

Setelah 37 menit laga berlangsung, tercatat empat tembakan tepat sasaran dilepaskan Bali United, adapun Barito mampu mencatatkan tiga tendangan ke arah gawang. Kedua tim terus melakukan serangan secara bergantian di waktu yang tersisa, hingga pada menit-menit akhir babak pertama, Pacheco berhasil mencetak gol kedua bagi Bali United dengan menyambut tendangan sudut lewat sundulan. Aditya sudah bereaksi mencoba menahan bola, tapi tangannya tak kuasa menjangkau si kulit bundar yang meluncur deras.

Meski telah unggul, di babak kedua Bali United tampak tidak mengendurkan serangannya. Beberapa peluang berhasil diciptakan meski belum membuahkan gol. Hingga pada menit ke-59 Malvin Platje berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat memanfaatkan umpan dari tendangan pojok yang dilesakkan oleh Paulo Sergio. Bola yang disontek bergulir menyusur rumput menembus jala gawang Barito untuk menambah keunggulan Bali United menjadi 3-1..

Merespons skor tersebut, pelatih Barito Djajang Nurdjaman memutuskan mengganti Paulo Sitanggang dengan Yakob Sayuri. Tak lama berselang, pelatih Bali United Stefano Cugurra juga melakukan pergantian pemain. Teco mengganti Fahmi Al-Ayyubi dan mamasukkan Stefano Lilipaly pada menit ke-67.

Pergantian pemain yang dikakukan oleh Djanur membuahkan hasil. Barito berhasil memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-71. Gol kedua Barito diciptakan oleh Rizky Pora setelah menyelesaikan umpan terobosan yang diberikan oleh Yakub ke kotak 16. Bola yang diarahkan ke sisi kiri tak dapat dihalau oleh Wawan.

Pada menit ke-79, Barito kembali mendapat peluang emas saat Rafael berhasil menerima umpan di depan gawang. Namun, penyelesaian akhir Rafael masih meleset di atas mistar gawang. Barito terus menggempur pertahanan Bali United di waktu yang tersisa, namun tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA