Sabtu 26 Oct 2019 12:32 WIB

Mendikbud Nadiem Terinspirasi Semangat Para Guru

Semangat guru jadi suntikan energi positif untuk mengemban tugas sebagai Mendikbud.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
Mendikbud Nadiem Makarim usai temu pendidik nusantara di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).
Foto: Dian Erika N / Republika
Mendikbud Nadiem Makarim usai temu pendidik nusantara di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mengaku terinspirasi dengan semangat para guru yang ditemuinya beberapa hari terakhir.  Menurut dia, semangat guru jadi suntikan energi positif untuk mengemban tugas sebagai Mendikbud. 

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi acara 'Literasi Menggerakkan Negeri: Temu Pendidik Nusantara 2019' di Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).

"Beberapa sudah tiga empat kelas (ditemui) dengan berbagai macam guru dari berbagai macam daerah seluruh Indonesia, luar biasa saya terinspirasi sama motivasi mereka, sama energi mereka untuk menjadi lebih baik," ujar Nadiem kepada wartawan. 

Dia lantas mengatakan saat ini adalah hari ketiga dirinya menjabat sebagai Mendikbud. Namun, selama tiga hari belakangan dia sudah beberapa kali bertemu dengan para guru. 

"Jadi walaupun baru hari ketiga ya saya di kerjaan ini, tapi setiap kali interaksi sama guru semangat saya semakin tinggi," tuturnya. 

Nadiem pun mengakui tantangan tugas sebagai Mendikbud berat. Akan tetapi, semangat para guru yang ditemuinya diakui memberikan suntikan energi positif. 

"Walau tantangan sangat berat tetapi aneh kalau saya ketemu sama guru saya lebih positif lagi," tambah Nadiem. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement