Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Pemkab Purwakarta Punya Program Arisan Gotong Royong

Sabtu 26 Oct 2019 00:52 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

Foto: Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta
Kegiatan bebersih ini dilakukan secara bergilir dari satu wilayah ke wilayah lainnya

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memiliki program unik yang di bidang penataan lingkungan. Kebersihan lingkungan menjadi salah satu fokus utama mulai dari pusat kota hingga ke peloksok desa.

Salah satu program unik yang dimiliki Pemkab Purwakarta adalah arisan gotong royong. Seperti namanya, kegiatan bebersih ini dilakukan secara bergilir dari satu wilayah ke wilayah lainnya di lingkup kecamatan yang dilaksanakan pada hari Jumat pagi.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, wilayahnya selama ini terkenal akan kebersihan dan keasriannya. Bahkan, sudah lebih dari satu dasawarsa, daerah yang saat ini dipimpinnya itu diibaratkan 'Raja tanpa mahkota' dalam bidang kebersihan.
 
"Purwakarta, dari dulu termasyur akan kebersihannya. Nah, ini harus terus dipertahankan," kata Anne dalam siaran persnya, Jum’at (25/10).

Menurut Anne, semua itu tak lain merupakan buah dari kebijakan pemerintah kabupaten.  Selama ini pemerintah memiliki program yang isinya mengintruksikan seluruh pegawai pemerintahan untuk gotong royong membantu masyarakat dalam hal menjaga kebersihan.

Ia menuturkan, dalam kebijakan ini menginstruksikan seluruh pegawai, baik yang ada di lingkungan OPD/instansi, kecamatan hingga kelurahan/desa untuk turun ke lapangan bebersih lingkungan. Maksudnya agar semua kalangan terlibat dalam kegiatan di setiap hari Jum’at (Jumsih) ini.

Dalam kegiatan ini, wilayah – wilayah yang harus dibersihkan sudah terjadwal. Sehingga, nantinya seluruh pegawai wajib datang ke lokasi yang telah ditentukan, seperti arisan.

"Misalnya Jum’at pekan ini di wilayah Kecamatan kota, nah seluruh pegawai harus datang kesana. Nanti pekan depannya, di wilayah mana lagi. Terus berkeliling seperti itu," tuturnya.

Ia menjelaskan, tradisi menjaga kebersihan secara gotong royong ini harus terus dilaksanakan. Agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

"Kebersihan menjadi tanggung jawab bersama. Makanya, yuk kita bersama – sama menggiatkan kembali gotong royong," ajaknya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA