Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Ikhtiar Pemprov Jatim Bangun Generasi Qurani

Sabtu 26 Oct 2019 00:07 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).

Salah satu peserta MTQ saat membaca ayat suci Alquran (ilustrasi).

Foto: kemenag.go.id
Pemprog Jatim gelar MTQ ke XXVIII di alun-alun kabupaten Tuban

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Jawa Timur akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Jawa Timur ke XXVIII. Kegiatan ini akan digelar di Alun-Alun Kabupaten Tuban dan dibuka pada Sabtu (26/10). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 1.327 peserta dari seluruh Jawa Timur. Khofifah berharap kegiatan ini akan turut mencetak generasi Jawa Timur yang qurani.

"Ini harus dijadikan salah satu ikhtiar kita dalam menyiapkan dan membentuk  generasi qurani. Yaitu generasi dengan akhlakul karimah, generasi yang tidak lemah, dan generasi yang ramah berdasar pada nilai-nilai Alquran," ujar Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (25/10).

Khofifah melanjutkan, MTQ Jawa Timur ke XXVIII ini akan dilaksanakan mulai 26 Oktober 2019 hingga 2 November 2019. Khofifah pun berterima kasih kepada Pemkab Tuban yang sudah menyiapkan berbagai pemenuhan pelaksanaan MTQ tahun ini.

"Saya berharap pada MTQ Jawa Timur kali ini, para siswa dan santri dari seluruh kabupaten/ kota bisa diajak untuk menyaksikan berbagai jenis musabaqah yang dilombakan," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan, ada tujuh cabang kategori yang dilombakan di MTQ Jawa Timur ke XXVIII tersebut. Mulai dari Tilawah Alquran, Hifdhul Quran, Tafsir Alquran, Fahmul Quran, Syarhul Quran, Khath Alquran, dan Makalah Alquran.

"Total ada sebanyak 1.327 perserta yang berpartisipasi dalam MTQ Jawa Timur ke XXVIII ini, serta sebanyak 461 official, 94 dewan hakim, 12 ketua majelis, 12 panitera, dan juga 5 dewan pengawas," kata dia.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, MTQ Jawa Timur XXVIII ini digelar juga dalam rangka mencari bibit unggul Jawa Timur. Bibit unggul ini nantinya didelegasikan dalam ajang MTQ Nasional yang akan dihelat di Padang Pariaman Sumatera Barat di 2020.

"Kami menarget semoga Jawa Timur bisa jadi juara umum pada MTQ tingkat nasional tahun depan di Padang," kata Khofifah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA