Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Stadion GBT Ditarget Jadi Lokasi Final Piala Dunia U-20

Kamis 24 Oct 2019 18:27 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Risma juga berharap timnas Indonesia U-20 berlaga di Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Risma menginginkan Stadion GBT tidak hanya menjadi venue untuk penyisihan grup, tapi juga untuk laga final.

Baca Juga

"Saya ingin Surabaya bisa menjadi tuan rumah, bukan hanya grup, tapi juga ingin menjadi tempat (pertandingan) final Piala Dunia U-20 tahun 2021," ujar Risma, Kamis (24/10).

Selain itu, Risma juga berharap, grup peserta Piala Dunia U20 tahun 2021 yang berlaga di Stadion GBT adalah grup yang diisi oleh Indonesia. Hal itu diharapkannya agar penonton yang datang ke stadion lebih meriah. Mengingat suporter timnas Indonesia pasti berduyun-duyun memenuhi stadion saat tim kesayangannya berlaga.

"Iya (berharap timnas Indonesia U-20 berlaga di Surabaya pada Piala Dunia U-20 tahun 2021). Ya jadi venue utama gitu," kata Risma.

Terkait fasilitas yang belum terpenuhi, Risma menegaskan kesiapannya untuk memenuhi fasilitas-fasilitas tersebut, sebelum evaluasi dilakukan. Rencananya, evaluasi kesiapan stadion dilakukan enam bulan setelah pengumuman siapa yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Saya akan berusaha sekuat dan sekemampuan saya untuk menyiapkan ini. Meskipun nanti mungkin saya sudah enggak jadi wali kota lagi saat acara. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan untuk menjadi tuan rumah," ujar Risma.

Fasilitas yang disiapkan di antaranya adalah fiberoptic internet base. Risma juga menegaskan kesiapan mengganti kursi stadion dengan single seat. Rencananya, awal tahun akan mulai dilelang pengadaan single seat ini dan ditarget pengerjaannya bisa selesai tiga bulan.

Risma juga menegaskan kesiapan memperbaiki stadion untuk latihan. Adapun lokasi lapangan yang disediakan ada di lapangan Karanggayam, Lakarsantri, Sambikerep, dan Sememi. Pun terkait peningkatan kapasitas lampu, Risma menegaskan akan segera meningkatkannya.

Risma juga mengaku telah menyiapkan pembuatan akses lain menuju GBT supaya tidak macet. "Secara persyaratan  sebenarnya sudah terpenuhi. Hanya saya juga malu kalau jelek. Itu masalah perbaikan toilet, ruang ganti, dan sebagainya," jelas dia.

Indonesia secara resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam acara FIFA Council Meetings di Shanghai, China, Kamis (24/10). Presentasi yang disampaikan Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria berhasil meyakinkan para panelis untuk memilih Indonesia dibandingkan para pesaingnya, yakni Brasil dan Peru.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA