Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Erick Usulkan Dirut Mandiri Jadi Wamen BUMN

Kamis 24 Oct 2019 06:09 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolanda

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Foto: Republika/Prayogi
Dirut Mandiri dinilai profesional dan dapat membantu memimpin Kementerian BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui membutuhkan wakil menteri (wamen) dalam memimpin kinerjanya. Untuk itu ia mengusulkan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk menjadi wamen. 

Baca Juga

Menurutnya, tugas memimpin kementerian BUMN dianggap cukup berat mengingat terdapat 142 perusahaan di bawah naungan kementerian tersebut. Adapun Kartika dinilai sebagai kandidat wamen yang profesional dan lebih muda dibandingkan dia.

“Iya, (Kartika) salah satu kandidat yang saya rasa cukup profesional,” kata Erick, di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Erick menyebut dalam menjalankan tugasnya nanti di BUMN, setidaknya dibutuhkan dua hingga tiga wamen. Kendati demikian pertimbangan itu belum diputuskan lebih jauh mengingat kementerian BUMN memiliki deputi yang fokus mengurusi bidangnya masing-masing.

“Ya kalau 142 (perusahaan di BUMN), bisa dua bisa tiga. Pak Presiden bilang kalau perlu lima, ya lima dikasih,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Erick resmi dilantik sebagai menteri, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10). Dia dikenal sebagai pengusaha nasional yang meraih gelar sarjananya dari Glendale University, Amerika Serikat. Erick kemudian melanjutkan program master untuk Bisnis Administrasi dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat pada 1993.

Keterlibatan Erick dalam binis media mulai terlihat dari rekam jejaknya yang terlibat di beberapa perusahaan. Antara lain PT Republika Media Mandiri, Jak TV, Gen FM, Delta FM, dan Female Radio. Erick juga pernah menjabat sebagai Ketua Komite Konten dan Industri dan Aplikasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Di luar media, pihaknya juga merambah bisnis olahraga dengan pernah menjadi pemilik klub Inter Milan di Liga Italia pada 2013. Dia juga dikenal sebagai Ketua Inasgoc dan sukses mengelola perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 2018.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA