Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Segudang Pengalaman Erick Thohir Bekal Menjadi Menteri BUMN

Rabu 23 Oct 2019 15:37 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Bertemu Presiden Joko Widodo. CEO Mahaka Grup Erick Thohir menjawab pertanyaan wartawan usai usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Bertemu Presiden Joko Widodo. CEO Mahaka Grup Erick Thohir menjawab pertanyaan wartawan usai usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Foto: Republika/ Wihdan
Pengalaman mengelola puluhan perusahaan membuat Erick Thohir layak memimpin BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Mohamad Soleh, Konsultan Manajemen Kinerja & SDM

Selamat untuk Pak Erick Thohir, pemilik Mahaka Group yang terpilih sebagai Menteri BUMN. Senang sekali ketika saya tahu Pak Erick diberikan amanah sebagai Menteri BUMN. Sebab, Pak Erick berhasil mengelola puluhan perusahaan dan tetap eksis dan semakin menggurita.

Saya yakin, dengan kemampuan dan mengelola bisnis tersebut membuatnya layak menjadi menteri BUMN. Kita tahu, Kementerian BUMN mengelola 140-an anak perusahaan BUMN, baik yang sehat maupun yang sedang proses pemulihan. Itu semua bisa dikelola dengan baik dan benar oleh Pak Erick.

Agar lebih optimal kinerja beliau sebagai Menteri BUMN, menurut saya Pak Erick juga perlu didukung sistem yang mampu mengelola memonitor dan mengevaluasi kinerja BUMN tersebut. Memang, selama ini sudah berjalan Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) sejak 2012. Namun agar lebih powerfull lagi, maka perlu dilakukan proses penyempurnaan manajemen kinerja BUMN, yakni secara periodik bulanan, disiplin dalam review kinerja Kementerian BUMN dan kinerja BUMN setiap sebulan sekali. 

Hal ini seperti yang beliau lakukan ketika mengelola puluhan perusahaannya di bawah bendera Mahaka Group. Karena Kebetulan kami (Mohamad Soleh & tim) pernah membantu beliau bersama dengan perusahaan-perusahaannya  dalam men-setting sistem manajemen kinerja. Di mana setiap bulan, di-review pencapaian kinerja setiap perusahaan perusahaan yang beliau pimpin, tentu hal ini bisa diduplikasi di BUMN lainnya.

Jadi dengan gaya beliau yang sangat disiplin dalam me-review kinerja para pimpinan perusahaannya, maka bisa diterapkan kembali ketika me-review kinerja perusahaan-perusahaan BUMN. Di samping itu beliau juga perlu didukung oleh SDM yang bagus, kompeten, dan punya pengalaman dalam mengelola manajemen kinerja di BUMN.

Saya kenal dengan beberapa para direksi BUMN, ada salah satu figur yang bagus dan layak yaitu Pak Moch Hamied Wijaya, beliau adalah Direktur SDM Pelindo 1 yang sudah berhasil mengelola manajemen kinerja berbasis digital di perusahaannya. Secara intensif dan disiplin dengan menggunakan aplikasi yang membantu me-review kinerja Pelindo 1.

Tidak hanya level korporasi bahkan sampai kinerja setiap pegawai di Pelindo 1 telah di-review dengan disiplin sejak tahun 2015 yang lalu. Dengan pengalaman dan kompetensi Pak Hamied sepertinya layak membantu Pak Erick Thohir dalam meningkatkan kinerja para Kementerian BUMN dan lainnya.

Apalagi untuk mewujudkan SDM unggul dan organisasi yang tangguh ketika menghadapi kondisi perekonomian dan persaingan global saat ini, sudah seharusnya kementerian dan para BUMN melakukan transformasi sesegera mungkin. Dari berbagai kementerian dan BUMN, Pelindo 1 adalah salah satu BUMN yang berhasil melakukan transformasi secara cepat dan terintegrasi.

Dari berbagai informasi dan literatur yang kami analisa, Pelindo 1 telah melaksanakan transformasi yang signifikan dan berkelanjutan, yaitu transformasi budaya dan transformasi bisnis. Transformasi yang dilakukan Pelindo 1 sejak 2014 meliputi perubahan dalam hal strategy, process, people dan technology.

Baca Juga: Erick Thohir Layak Jadi Menteri BUMN

Tentu saja Hamied Wijaya sebagai direktur SDM menjadi motor penggerak proses transformasi SDM dan berbasis digital. Berbekal pengalaman yang luas dan mendalam serta pembelajaran yang intensif, memudahkan dan mempercepat keberhasilan implementasi Transformasi SDM berbasis Digital yang beliau pimpin.
Beberapa program utamanya yang beliau pimpin adalah (1) Digitalisasi semua sistem kebijakan SDM, utamanya sistem penilaian kinerja mampu mendongkrak pendapatan perusahaan secara signifikan dan cepat. (2) Sebagai koordinator implementator pembangunan SAP (ERP) PT Pelabuhan Indonesia I (tahun 2016-2017) yang diakui oleh konsultan (PwC) sebagai salah satu BUMN yang berhasil (terbaik) mengimplementasikan SAP, serta (3) Membangun Shared Service Unit (SSP1) di Kantor Pusat (tahun 2017) yang merupakan sistem terpusat/sentralisasi pelayanan aktivitas keuangan, SDM, dan Pengadaan yang bersifat rutin.

Dari program-program Transformasi SDM itulah salah satunya yang berbuah beragam prestasi dan penghargaan telah beliau raih, yaitu "Most Improvement in Leadership Transformation" Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2017 diberikan oleh Majalah SWA dan Indonesian Leadership and Human Capital Summit (ILHC), HR Excellence Award oleh SWA bekerjasama dengan LMFE UI) pada 8 Mei 2018 dengan penghargaan Kategori HR Transformation Rating A, Kategori Compensation and Benefit Strategy Rating A, Kategori Performance Management Rating A.

Keberhasilan beliau dan tim SDM-nyalah yang juga memberikan efek domino pada keberhasilan Pelindo I secara korporasi maupun unit kerja tertentu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya dalam ajang Anugerah BUMN 2017 meraih 4 penghargaan yaitu Juara 1 Kategori Transformasi terbaik, Juara 2 kategori Kinerja Keuangan Terbaik, Juara 1 CEO kategori strategic, dan Best of Overall BUMN tahun 2017; Penghargaan Bendera Emas Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Penghargaan kecelakaan nihil dari Menteri Ketenagakerjaan RI, Tahun 2016; Most Improvement in Leadership Transformation of Indonesia, Tahun 2018; ajang Penghargaan revolusi mental BUMN Awards 2018  memperoleh Gold winner kategori “ The Best Leader Revolusi Mental Aplikasi “ dan terakhir, beliau mendapatkan penghargaan “Pelopor Inovasi, Desain, & Kreatifitas UGM Alumni Awards 2019.

Hamied yang telah terbukti ahli di bidang pengembangan SDM & Transformasi, menjadikannya sering diundang menjadi narasumber di beberapa BUMN, Perguruan Tinggi, Kementerian & Lembaga Negara, perusahaan swasta dan even nasional lainnya. Selamat dan sukses, SDM unggul, Indonesia Jaya. Terima Kasih.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA