Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Ini Tujuh Tokoh yang Bantu Jokowi Susun Kabinet

Selasa 22 Oct 2019 16:10 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah

Mantan Menkumham Yasonna Laoly tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Mantan Menkumham Yasonna Laoly tiba Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Tujuh tokoh itu dinilai membantu presiden selama penyusunan kabinet.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk tujuh tokoh untuk membantu penyusunan kabinet kerja jilid II. Ketujuh tokoh itu membantu Presiden untuk memanggil calon-calon menteri tersebut hingga kabinet nanti resmi terbentuk. 

Baca Juga

"Dalam beberapa hari ini kan Presiden menyusun kabinet. Dalam penyelenggaraan itu, presiden menunjuk beberapa orang untuk membantu penugasan dalam tugas-tugasnya sehari-hari," ujar Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (22/10).

Ketujuh orang tersebut yakni mantan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mantan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mantan Kepala Staf Presiden Moeldoko, mantan stafsus Presiden Ari Dwipayana, mantan stafsus Presiden Sukardi Rinakit, dan juga Alexander Lay. 

"Hanya diberi tugas. Tidak ada kriteria khusus, cuma diberi tugas langsung oleh presiden membantu presiden selama penyusunan kabinet ini," jelas Bey. 

Sementara itu, menurut Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rahman, ketujuh orang tersebut juga bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden terkait nama-nama calon menteri yang dipanggil.

"Tujuh orang ini bisa memberikan masukan, pertimbangan, termasuk verifikasi. Pada intinya mereka selalu berdiri di atas prinsip kehati-hatian agar kabinetnya tidak memiliki beban ke depan," ujar Fadjroel.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA