Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

2 Media Sosial Ini Paling Dipercaya Milenial dan Gen Z, Bisa Tebak?

Rabu 23 Oct 2019 07:07 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

2 Media Sosial Ini Paling Dipercaya Milenial dan Gen Z, Bisa Tebak?. (FOTO: Unsplash/Priscilla)

2 Media Sosial Ini Paling Dipercaya Milenial dan Gen Z, Bisa Tebak?. (FOTO: Unsplash/Priscilla)

Media sosial juga digunakan untuk dapati kabar terkini terkait situasi nasional.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Generasi muda Indonesia, yang umumnya para generasi milenial dan generasi Z, terbukti sangat erat dengan media sosial. Bukan hanya untuk memenuhi tren gaya hidup kekinian, media sosial juga digunakan mereka untuk mendapat kabar terkini terkait situasi nasional.

Berdasarkan data Asean Youth Survey 2019 yang dirilis Redhill belum lama ini, sebanyak 97 persen anak muda Indonesia yang menjadi responden, menyatakan, mereka mendapatkan berita online melalui media sosial.

Mereka memandang bahwa diri mereka bertanggung jawab dalam konsumsi media. Bahkan, ada sebanyak 71 persen anak muda yang mengatakan dapat membedakan antara berita keras (hard news) dan opini dari internet.

Baca Juga: Survei Membuktikan: 57% Anak Muda Indonesia Tak Percaya Jokowi

Dari seluruh saluran media sosial, ada dua platform yang paling dipercaya oleh generasi muda Indonesia. Bukan Facebook, tapi keduanya ialah Twitter dan Instagram.

Selain konsumsi media sosial, mereka juga menunjukkan keinginan besar untuk memainkan peran penting dalam hal politik negara. Sejumlah responden menyatakan akan memberikan suara dalam pemilihan umum berikutnya.

Sebesar 82 persen anak muda menilai suara mereka memiliki arti penting dan berdampak bagi pertumbuhan bangsa. Pasalnya mereka menilai sistem politik Indonesia saat ini dalam keadaan tidak stabil, yang dinyatakan oleh 63 persen generasi muda Indonesia.

Asal tahu saja, Asean Youth Survey 2019 melibatkan sekitar 2.000 generasi muda dari tujuh negara Asean yang berusia di antara 18-35 tahun (milenial dan gen Z). Survei ini menganalisis aspirasi generasi muda terhadap politik, ekonomi, keamanan pribadi, pendidikan, pilihan hidup, dan konsumsi media sosial.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA