Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Politikus Nasdem: Pertemuan dengan Paloh Inisiatif Prabowo

Sabtu 19 Oct 2019 13:03 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Ahad (13/10/2019).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Ahad (13/10/2019).

Foto: ANTARA FOTO
Pertemuan Paloh-Prabowo disebut tidak untuk menentukan posisi Gerindra di kabinet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto menceritakan pertemuan antara Surya Paloh dan petinggi Partai Gerindra. Ia menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan inisiatif langsung dari Prabowo Subianto.

"Nasdem, tidak mengajak (pertemuan). Sudah sedemikian rupa minta ketemu berkali-kali Prabowo," ujar Sugeng di Cikini, Jakarra Pusat, Sabtu (19/10).

Ia menceritakan, saat itu Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad berkomunikasi dengan Ketua Fraksi Nasdem di DPR Ahmad Ali. Komunikasi tersebut dilakukan untuk merealisasikan pertemuan antara Surya Paloh dan Prabowo.

"Tentunya kami menerima permintaan tersebut, karena tentu agar menjalin komunikasi setelah Pemilu (2019)," ujar Sugeng.

Namun, pertemuan tersebut Nasdem tidak untuk menentukan posisi Partai Gerindra dalam kabinet. Karena itu merupakan hak prerogatif dari Presiden Joko Widodo.

"Kami di Nasdem kita serahkan kepada wisdom-nya Pak Jokowi, kalau dianggap penting bagi integral untuk persoalan kebangsaan," ujar Sugeng.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh diketahui mengundang Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ke kediamannya. Dalam pertemuan tersebut, ditegaskan bahwa keduanya tidak sama sekali membicarakan soal kursi di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate menjelaskan bahwa pertemuan Surya Paloh dan Prabowo lebih mengutamakan kepentingan bangsa. Sebab, soal kabinet merupakan ranah dari Jokowi.

"Hal-hal yang sifatnya pragmatis termasuk di dalamnya kabinet Pak Joko Widodo itu sepenuhnya menjadi kewenangan pak Joko Widodo itu hak prerogatifnya untuk menentukan," ujar Plate.

Baca Juga

photo
Kesepakatan Surya Paloh-Prabowo

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA