Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

298 Tim Esports SMA/SMK di Indonesia Ikuti JD.ID HSL

Ahad 20 Okt 2019 01:14 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

298 Tim Esports SMA/SMK di Indonesia Ikuti JD.ID HSL. (FOTO: Khairunnisak Lubis)

298 Tim Esports SMA/SMK di Indonesia Ikuti JD.ID HSL. (FOTO: Khairunnisak Lubis)

Sebanyak 298 Tim Esports SMA/SMK dari 71 kota di Indonesia

Warta Ekonomi.co.id, Medan -- Sebanyak 298 Tim Esports SMA/SMK dari 71 kota di Indonesia, termasuk Medan dan kota-kota di Sumatera Utara ikuti JD.ID High School League (JD.ID HSL). Kali ini, satu-satunya liga esports yang ditujukan untuk dunia pendidikan formal di Indonesia ini memasuki musim kompetisi kedua untuk pelaksanaan tahun 2019. 

Presiden JD.ID HSL 2019, Sonny Hadi Sukotjo, mengatakan musim ini, terdapat peningkatan dari jumlah peserta dibandingkan dengan kompetisi tahun lalu yang diikuti oleh 223 tim. Dari 298 tim yang berkompetisi, terdapat 16 Tim Esports SMA/SMK yang atas prestasinya tahun lalu berhak menghuni Liga Seri A Kategori Dota 2. Tim itu, harus siap menerima tantangan dari ketangguhan 4 tim baru yang lolos dari babak kualifikasi yang menyaring sebanyak 124 tim SMA/SMK.

"Yang menarik, kategori eksibisi yang mempertandingkan jenis game PUBG Mobile juga diadakan kali ini. Peserta kategori ini adalah sebanyak 158 tim, di antaranya berasal dari Papua, yaitu SMA Mandala Triloka," katanya, Jumat (18/10/2019).

Baca Juga: Jalin Kolaborasi, Sanken dan JD.id Luncurkan Dispenser Anti-Tikus

Baca Juga: Pemerintah Bidik E-Sports Indonesia Bersaing ke Kancah Global

Dikatakannya, musim kompetisi ke-2 menyatakan bahwa peningkatan jumlah peserta mengindikasikan semakin dipahaminya esports di kalangan pendidikan formal. 

“Di awal kami memulai liga ini, tantangan terbesar adalah penolakan dari pihak sekolah maupun orang tua. Sebab, persepsi yang masih terbentuk adalah esports sama 100% dengan bermain gim online yang lupa waktu dan mengganggu prestasi akademik. Persepsi tersebut menjadi fokus untuk kami ubah di awal penyelenggaraan JD.ID HSL," katanya.

Untuk kategori kompetisi eksibisi PUBG Mobile, dari 158 tim yang sudah terdaftar akan mengikuti kualifikasi sebanyak 4 babak. Kemudian akan dipilih 20 tim terbaik PUBG Mobile untuk berlaga merebutkan tempat terbaik di babak utama.

Total hadiah yang diperebutkan untuk JD.ID HSL 2019 musim kompetisi ke-2 ini adalah sebesar Rp410.000.000. Hadiah berupa beasiswa yang akan disalurkan ke tim esports sekolah yang menadi pemenang. 

Head of Gaming and Computer Accesories JD.ID, Henry Yacob mengatakan, dukungan ini selaras dengan keseriusan JD.ID dalam turut membangun serta memberdayakan kalangan muda melalui komitmen ‘Advancing Indonesia'.

"Kami optimistis, JD.ID HSL yang sarat dengan pesan pendidikan dan pembangunan karakter akan berhasil mendorong lahirnya bakat-bakat muda Indonesia dengan fisik serta mental yang lebih sehat, serta keterampilan autentik mereka lebih terasah. Semoga JD.ID High School League serta upaya JD.ID dalam menghadirkan produk-produk gaming asli yang berkualitas di Indonesia dapat memberi arti bagi kemajuan industri esports Indonesia kini dan nanti," pungkasnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA