Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Smart SIM Dikenalkan pada Masyarakat, Apa Itu?

Jumat 18 Oct 2019 14:33 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Polres Tasikmalaya mulai menerapkan Smart SIM.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM--Mulai bulan Oktober ini, Polres Tasikmalaya mulai menerapkan Smart SIM yang baru diluncurkan Korlantas Polri. Smart SIM berlaku bagi pembuatan SIM baru maupun perpanjangan.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP. Atik Suswanti, melalui Kanitregiden Satlantas Polres Tasikmalaya, Iptu Lya Ambarwati mengatakan, penerapan smart SIM dilakukan pihaknya sesuai dengan inovasi yang dilakukan Korlantas Polri sejak 22 September, bertepatan dengan HUT Lalu lintas.

Selain dari sisi bentuk yang berbeda dengan sebelumnya, Smart SIM ini memiliki sejumlah keunggulan. Selain material SIM tersebut lebih kuat dibanding SIM lama, smart SIM juga bisa dipakai sebagi e-money.

Sehingga bisa bisa dipakai untuk berbagai transksi uang elektronik, seperti bayar tol, bayar parkir hingga belanja di minimarket.

"Jadi nanti selain selain surat berkendara, juga bisa dikalai bayar tol, bayar parkir dan pembayaran uang digital lainnya. Karena ini bisa sebagai e-money yang bisa di top-up saldonya," kata Lya, Jumat (18/10/2019).

Lya menambahkan, nantinya, pemohon SIM baik yang bikin baru, perpanjangan, atau rusak akan mendapat smart SIM. Aktivasi smart SIM juga bisa dibaca dengan smart phone yang sudah terinstal aplikasi khusus.

"Juga nanti sudah terintegrasi, sehingga bisa melihat data forensik kepolisian serta rekam jejak pelanggaran dan kecelakan pemilik smart SIM," ujar Lya.

Namun untuk masa aktifnya ada sedikit berbeda, meski tetap berlaku 5 tahun. Bila SIM lama berlaku 5 tahun sejak tanggal lahir pemohon, maka  smart SIM dihitung 5 tahun sejak tanggal pencetakan.

Peluncuran Smart SIM mendapatkan sambutan dari Salah seorang pemohon. Abdul Hakim (36) warga Desa Singaparna Kecamatan Singaparna mengaku sangat senang bisa memperoleh smart SIM. Sebab dirinya mengetahui berbagai keunggulannya, setelah mendapat penjelasan dari petugas kepolisian di loket SIM.

"Tadi dikasih tau oleh petugas saat penyerahan smart SIM. Jadi banyak keunggulannya," ungkap Abdul Hakim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA