Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Berapa Sih Harga Produksi iPhone 11?

Jumat 18 Oct 2019 13:02 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Terbongkar! Ternyata Harga Produksi iPhone 11 Jauh Lebih Murah dari Harga Jual, Segini Jumlahnya!. (FOTO: (Foto: Noodcases))

Terbongkar! Ternyata Harga Produksi iPhone 11 Jauh Lebih Murah dari Harga Jual, Segini Jumlahnya!. (FOTO: (Foto: Noodcases))

Ternyata harga produksi iPhone 11 jauh lebih murah dari harga jual

Warta Ekonomi.co.id, --  Konsumen telah mengetahui harga jual iPhone 11 di pasar--yang termahal (iPhone Pro Max) dijual hingga Rp15,5 juta. Penasaran enggak, berapa biaya yang digelontorkan Apple sehingga bisa menawarkan ponsel seharga puluhan juta seperti itu?

Ternyata, harga komponen lini iPhone 11 dan biaya perakitannya hanya berjumlah setengah dari harga jual iPhone 11 Pro Max, menurut situs Cultofmac.

Informasi itu terbongkar lewat proses pembongkaran perangkat yang dilakukan oleh TechInsight. Pengulasnya mengidentifikasi tiap komponen, lalu memperkirakan biayanya.

Baca Juga: Pasokan iPhone 11 Ditambah, Pemasok Cemas Penjualan Enggak . .

Komponen termahal tentu saja berbentuk kamera tiga lensa yang diagung-agungkan perusahaan, perkiraan harganya mencapi US$73,50 (sekitar Rp1,38 juta). Yang kedua, layar AMOLED yang diprediksi menelan biaya hingga US$66,50 (sekitar Rp939 ribu).

Dari segi prosesor, Apple memilih A13 yang berharga US$64 (sekitar Rp904 ribu) sebagai tenaga iPhone 11. 

Perakitan diperkirakan dilakukan antara di China oleh Foxconn dan India. Prediksi biayanya mencapai US$21 (sekitar Rp296 ribu). 

Berdasarkan perkiraan-perkiraan harga itu, jumlah biaya yang Apple keluarkan untuk iPhone 11 Pro Max hingga US$490,50 (sekitar Rp6,9 juta). Angka itu hanya bernilai 45% dari harga jual.

Namun, US$608,50 (sekitar Rp8,6 juta) sisanya tidak hanya ditujukan untuk Apple. Prediksi biaya itu belum mencakup gaji karyawan, pemasaran, hingga riset dan pengembangan perangkat keras dan lunaknya.

Pertanyaan khusus untuk pengguna salah satu perangkat lini iPhone 11, apakah harga jualnya sebanding dengan manfaat yang Anda dapatkan?

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA