Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Kunci Sukses Vina Panduwinata 40 Tahun di Dunia Musik

Jumat 18 Oct 2019 11:06 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Penyanyi Vina Panduwinata

Penyanyi Vina Panduwinata

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menyanyi membuatnya bahagia, dan membahagiakan orang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama diva Vina Panduwinata selalu menggaung di telinga pecinta musik Indonesia. Karya-karyanya seakan tak pernah padam hingga kini. Orang-orang masih menyanyikan lagu-lagunya.

Berkarya selama 40 tahun di belantika musik Indonesia tak pernah mudah bagi penyanyi yang akrab disapa Mama Ina ini. Dia memberikan sebuah kunci mengapa dia masih tetap eksis di jagat hiburan Indonesia.

"Orang itu nggak kenal maka nggak sayang. Jadi jangan pernah kita itu menghilang itu secara total. Selalu berikan informasi tentang kita," ungkap Vina ditemui di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Penyanyi berusia 60 tahun itu sempat tenggelam saat dulu hamil dan memiliki anak. Momentum itu tak akan dia biarkan, sehingga dia masih berbagi informasi agar masyarakat tak lupa dengannya.

Selain itu, menurut dia, keeksistensian seorang artis amat terpengaruh dari manajemen tempat artis itu bernaung. Artinya, sentuhan manajer harus bisa membuat sang artis tetap eksis di jagat hiburan.

Hal itu terwujud ketika dia berpindah manajemen. Di tangan manajernya, Ine yang juga keponakannya sendiri Vina masih tetap eksis bernyanyi.

"Dengan Ine, Vina juga jadi dilibatkan misalnya jadi juri dimana. Lalu acara-acara intern juga banyak. Jadi tetap bisa keep in touch dengan masyarakat," jelas Vina.

Vina tak memungkiri, berkarya selama 40 tahun membuat dia lelah. Akan tetapi, tekad dan niat Vina untuk terus bernyanyi lebih besar daripada rasa lelah itu sendiri.

Pelantun tembang "Burung Camar" itu selalu berniat untuk ingin selalu senang. Dengan bernyanyi, dan membuat orang lain terhibur, merupakan hal yang selalu membuat dia senang.

"Singing itu selalu membuat aku happy. Hasil dari menyanyi itu juga membuat orang bahagia. Hasil dari itu semua ya income aku. Jadi bikin lebih senang lagi," jelas dia.

Oleh sebab itu menurutnya, niat dan tekad untuk senang adalah alasan utama dia masih ingin bernyanyi sampai sekarang. Dia pun memberi pesan, untuk tidak pernah berhenti melakukan sesuatu.

"Lelah itu dari kitanya saja. Kalau kita bilang lelah, ya lelah. Kalau kita bilang enggak, ya enggak. Semua sel tubuh kita juga membantu kita untuk enggak lelah," ungkap Vina.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA